Incinews.net
Kamis, 03 Desember 2020, 17.55 WIB
Last Updated 2020-12-03T10:20:42Z
MataramNTB

Lewat Facebook, Hari ini NTBCare Tangani 6 Aduan, Masyarakat Keluhkan Soal sosial dan Kesehatan

Foto: Fanpage Facebook NTBCare.

MEDIA insan Cita, Mataram: Semenjak Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB memperluas layanan NTB Care dengan akun fanpage Facebook, antusias masyarakat yang menyampaikan aduan dan keluhannya terus mengalami peningkatan.

Tercatat hingga malam ini, ada enam (6) aduan masyarakat yang telah disampaikan melalui akun fanpage facebook NTB care, terutama masalah sosial dan kesehatan masyarakat. Dari keenam aduan tersebut, 3 aduan telah selesai ditangani oleh dinas dinas, sementara 3 aduan lainnya masih dalam proses.

Adapun tiga aduan yang telah tertangani, yang pertama, aduan yang disampaikan oleh pemilik akun Mho Mho tentang seorang ayah bernama Abdul asal desa Sengkerang Kec. Praya Timur Lombok Tengah yang berjualan sambil membawa anaknya yang berusia 11 bulan. Sementara ibu dari balita tersebut sudah meninggal saat melahirkan karena pendarahan.

Berkat respon cepat admin NTBCare yang berkoordinasi dengan Dinas Sosial NTB,  Satgas P3S Dinsos bergerak cepat dengan mengunjungi yang dilaporkan dan  memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok, susu dan makanan tambahan serta perlengkapan balita. Laporan kedua, masih dengan pemiliki akun yang sama, Mho Mho juga menyampaikan aduan tentang seorang anak perempuan asal Dusun Modak Jangkih Jawe, Desa Mangkung Kec. Praya Barat, Lombok Tengah, yang menderita penyakit tumor di mata kanan. 

Setelah dilakukan penelusuran admin NTBCare bersama Dinas Kesehatan NTB, ditemukan bahwa pasien tersebut sudah dalam pengawasan dan penanganan di RS Praya. Untuk masalah pembiayaan sebelumnya telah tertangani dengan kepersertaan BPJS PBI pasien, selain itu telah difasilitasi dengan persyaratan dari Desa dan Puskesmas. Kemudian Dinas Kesehatan Provinsi juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah  untuk terus melakukan pengawasan terhadap kasus ini. 

Kemudian aduan ketiga, yang disampaikan oleh pemilik akun Merry Purnama tentang kasus anak berinisial S, usia 5 tahun. Tinggal di desa Jerongko Luar Kec. Utan,  Sumbawa yang mengalami mengalami bengkak di perut sejak 1 bulan terakhir, yang saat ini tinggal bersama bibinya dikarenakan orang tua sudah lama berpisah. Sedangkan pihak Keluarganya merasa kesulitan pada biaya pengobatan.

Berdasarkan respon cepat admin NTBCare usai melakukan koordinasi  dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, bahwa pasien tersebut sedang dalam rawat inap dengan penangan medis di RSUD Manambai Sumbawa.

Sementara tiga aduan yang masuk malam ini, disampaikan oleh akun yang sama yaitu Muhamad Taufik Bin Nuriman. Tim admin NTBCare sudah melakukan respon dengan melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Diantara ketiga aduan tersebut adalah pertama, pengaduan   terkait pasien dengan inisial IS asal Desa Aik Mual Kec. Praya, Lombok Tengah. Pasien tersebut mengalami Stroke selama 8 Tahun. Aduan kedua tentang pasien bernama Inaq Idi asal Desa Mekar Damai,  Kec. Praya, Lombok Tengah yang mengalami penyakit Stroke selama 5 Tahun.

Sementara aduan ketiga, sebelumnya disampaikan ke akun pribadi Gubernur NTB kemudian laporannya diteruskan ke halaman facebook NTBCare yang mengadukan tentang penyakit yang belum diketahui dari pasien bernama Amanah (35) beralamat di Dusun Bebie Timuq, Desa Mekar Damai Kec. Praya Lombok Tengah.

Sebelumnyan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos., M.H., menjelaskan bahwa berbagai pengaduan terkait kesulitan yang dihadapi masyarakat, khususnya masyarakat mendapat perhatian khusus Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Bahkan Gubernur Zul memantau langsung, untuk memastikan aparat pemerintah pada OPD terkait benar-benar hadir untuk membantu dan melayani masyarakat mengatasi kesulitannya.

“Tidak hanya menyediakan dan mengumumkan informasi serta mengoptimalkan berbagai desk layanan informasi yang tersedia, Pemprov NTB juga terus berikhtiar untuk bisa lebih dekat dengan masyarakatnya melalui NTBCare di facebook ini,” jelas Gede.

Dengan adanya layanan ini, diharapkan penanganan aduan dan keluhan masyarakat dapat semakin mudah dan praktis sehingga respon dan tindak lanjut dari setiap aduan dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat.

"Hal ini akan sangat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan dan aduan, yang saat ini justeru banyak disampaikan ke akun media sosial Gubernur NTB," sebutnya.(Red/O'im)