Incinews.net
Selasa, 22 Desember 2020, 06.44 WIB
Last Updated 2020-12-21T22:48:12Z
MataramNTB

Deklarasi Pilkades Damai di Loteng, Kapolres AKBP Esty: Calon Kades Dorong Saksinya Hadir Ke TPS

Foto: Kapolres Kabupaten Lombok Tengah saat Sampaikan kata sambutan.

MEDia insan cita, Lombok Tengah: Jelang pilkades serentak tahun 2020 Lombok Tengah, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah menggelar acara Deklarasi Pilkades Damai dan Taat Protokol Kesehatan Pada Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2020. Senin (21/12/20).

Deklarasi damai yang degelar oleh Pemerintah Daerah Lombok Tengah berlangsung di ruang Ball room kantor Bupati Lombok Tengah, dihadiri Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, Wakil Bupati Lombok Tengah, Kasdim 1620, Penjabat Sekda Lombok Tengah, Perwakilan dari Kejaksaan, Direktur penataan dan administrasi pemdes Kemendagri, Kadis DPMD Lombok Tengah dan Seluruh Calon Kepala Desa. 

Dalam acara tersebut, Kapolres Lombok Tengah menyampaikan beberapa hal kepada para calon kepala Desa diantaranya, Calon Kepala Desa harus bisa menghadirkan saksinya masing-masing di TPS, sehingga ada keterwakilan dari calon kepala Desa untuk menghindari terjadinya polemik, sehingga bisa berjalan aman, tertib, lancar dan kondusif. 

"Jadi kehadiran para saksi di masing-masing TPS untuk menghindari fitnah dan menghindari dugaan kecurangan," kata Kapolres. 

Lanjut Kapolres, pihaknya sudah menyiapkan tenaga pengamanan baik dari Polres, Kodim dan Pol PP dan personel BKO dari Polda. Dia ingin memastikan pilkades ini bisa berjalan seperti pelaksanaan pilkada kemarin. 

"Kuncinya bukan di kami, tetapi dari para calon yang mencalonkan diri menjadi kepala Desa," ujar Esty. 

Dia juga berharap kepada para calon, baik tim pemenangan maupun simpatisannya untuk tidak melakukan upaya-upaya provokatif. Karena seluruh calon kepala desa yang mencalonkan dirinya merupakan putra-putra terbaik Lombok Tengah. Namun kepastian dari ikhtiar dari para calon akan ditentukan besok pada hari Rabu Tanggal 23 Desember 2020.

"Kami dari seluruh unsur pengamanan yang berjumlah keseluruhan hampir 1000 lebih, itu sebagai wujud keseriusan kami dalam pengamanan Pilkades. Ini untuk menjamin terselenggaranya pilkades yang aman, tertib dan lancar.," tutup Esty. (Red/O'im)