Incinews.net
Kamis, 19 November 2020, 07.05 WIB
Last Updated 2020-11-18T23:16:42Z
DompuNTB

Angkatan Pertama, PT STM Kirim 32 Orang Pemuda Hu’u Ikut Pelatihan Kejuruan Las dan Listrik

Foto: Peserta yang akan Mengikuti Latihan Kerja (LLK).

Sumbawa, incinews.net: PT Sumbawa Timur Mining (STM) bekerjasama dengan UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa.

"Sudah secara resmi memulai kegiatan program pelatihan kejuruan bidang las dan listrik angkatan pertama bagi 32 orang pemuda dari Kecamatan Hu’u," katanya kemarin, (13/11/2020). 

Acara peresmian dimulainya program pelatihan dihadiri oleh Bapak Ir. Lalu Tawakkal, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa, Bapak Ikram Mubarak. S.STP, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Sumbawa, dan Bapak Muhammad Yakob SE, Kepala UPTD LLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Sumbawa, serta tim Community Development STM.

Dalam sambutannya, Bapak Ir. Lalu Tawakkal dan Bapak Muhammad Yakob S.E menyambut baik kerjasama antara PT Sumbawa Timur Mining dengan UPTD LLK Sumbawa untuk memberikan pelatihan kejuruan bagi para pemuda Kecamatan Hu’u. "Saya mengapresiasi peran serta Perusahaan dalam memajukan kualitas sumber daya manusia di daerah khususnya dimana perusahaan beroperasi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Ikram Mubarak, S.STP, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Sumbawa mengatakan, Pengembangan kualitas sumber daya manusia merupakan kunci pembangunan perekonomian di daerah. 

"Para pemuda jangan hanya menguasai keterampilan teknis tetapi juga harus menguasai soft skill sehingga dapat lebih berperan baik bekerja dalam sebuah perusahaan maupun untuk menjadi seorang entrepreneur,”bebernya.

Sementara itu, Agus Hermawan, Manajer Komunikasi STM, mengatakan, Setiap program pemberdayaan masyarakat STM di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, dirancang sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Salah satu yang menjadi fokus adalah program Pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun informal. Melalui pelatihan kejuruan untuk juru las dan juru listrik yang dimulai hari ini, Agus harapkan dapat membekali para peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan bagi mereka dalam pembangunan perekonomian di Kecamatan Hu’u.

“Terima kasih kepada Muspika Kecamatan Hu’u, Disnaker Kabupaten Dompu dan Pemda Dompu yang telah mendukung program ini serta melepas para peserta untuk memulai pelatihan di Sumbawa," imbuhnya.

Setelah selesai mengikuti pelatihan selama satu bulan, para peserta nantinya akan mengikuti uji kompetensi yang dilakukan secara independen oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah ditunjuk oleh BNSP. Apabila peserta berhasil lulus uji kompetensi ini, maka peserta akan mendapatkan Sertifikasi Kompetensi Kerja yang merupakan pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Para pemuda Kecamatan Hu’u yang menjadi peserta pelatihan angkatan pertama ini sebelumnya telah dipilih melalui proses seleksi yang ketat. Dari 130 pelamar yang mengirimkan berkasnya kemudian diverifikasi oleh perwakilan masing-masing Desa dan dilanjutkan dengan mengikuti ujian tertulis. Hasilnya adalah 64 orang yang lolos ujian tertulis yang juga melibatkan perwakilan unsur Muspika (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) yaitu Camat, Danramil dan Kapolsek Hu’u.

"Setelah lulus dari pelatihan kejuruan las dan listrik di UPTD LLK Sumbawa, setiap peserta diharapkan dapat kembali ke Kecamatan Hu’u dan menggunakan keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapatkan untuk berkarya dan mengembangkan usaha di bidang yang mereka pelajari, serta tidak berhenti belajar untuk semakin meningkatkan keterampilan mereka,”tutupnya. (Red-O'im)