Incinews.net
Kamis, 26 November 2020, 08.05 WIB
Last Updated 2020-11-26T00:05:31Z
MataramNTB

Gubernur : Menjadi Entrepreneur, Bagian dari Cara Kita Berkontribusi Bangun NTB

Foto: Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat menghadiri Malam Pengaanugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB.

Mataram, incinews.net: Lomba Wirausaha Muda NTB 2020 yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) NTB telah berhasil menentukan para juara dari sejumlah kategori. Kegiatan lomba ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dalam menstimulus lahirnya wirausaha baru di NTB.

Malam Pengaanugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB tersebut berlangsung di Hotel Lombok Astoria, Rabu (25/11/2020) malam. Dalam acara tersebut,  Wiwin Suryani, pelaku UKM Kopi Punik Sumbawa berhasil terpilih menjadi juara 1 Wirausaha Muda NTB 2020 kategori Umum. Sementara juara 1 kategori pelajar diraih oleh Ilham Ariadi pelaku UKM Kedai Terserah.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang langsung hadir pada saat itu mengatakan, menentukan juara tidak hanya melihat kualitas yang dimilikinya, namun juga harus dapat menginspiasi banyak anak muda di NTB, sehingga turut tergerak untuk menjadi pengusaha dan berkontribusi dalam pembangunan Negeri. 

"Untuk bukan lagi hanya melihat pegawai negeri sebagai pilihan, tapi menjadi entrepreneur, menjadi pengusaha sebagai bagian dari cara kita berkontribusi dalam pembangunan," kata Gubernur dalam sambutannya.

Kedepan, lanjut Gubernur, dunia akan memaknai pemerintah sebagai fasilitator dan dunia usaha yang menjadi mesin ekonomi, yang menyediakan kesempatan kerja, sehingga mampu mengatasi kemiskinan.

"Kami dari pemerintah daerah akan menyediakan support, menyediakan segala macam batuan yang memungkinkan agar teman-teman ini betul-betul hidup dalam lingkungan yang nyaman dan menyenangkan," ujar Bang Zul.

Terakhir, kepada pemenang Wirausaha Muda NTB 2020, Gubernur berharap agar kedepan dapat menjadi pengusaha sukses di dunia bisnis Indonesia dan dunia. 

Sementara itu Koordinator ICSB Wilayah NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengemukakan bahwa dirinya bangga atas antusias para kaum muda dalam bersaing dan berkontribusi pada kegiatan tersebut. 

"Saya ingin menyampaikan rasa bangga saya, yang luar biasa kepada para finalis, yang hari ini hadir bersama kami. Anda adalah orang-orang luar biasa, harapan kita semua di Nusa Tenggara Barat, untuk majunya UKM Nusa Tenggara Barat menjadi daerah yang dibanggakan di Indonesia," tuturnya.

Bunda Niken mengapresiasi seluruh finalis yang telah memiliki ide luar biasa dan telah berhasil mewujudkannya dalam sebuah bisnis. Semenatara itu, kepada para pemenang satu, dua dan tiga baik kategori umum maupun kategori pelajar, ia berharap agar mampu menjadi motivator bagi para wirausaha muda lainnya.

Sementara itu, ketua panitia, Indah Purwanti Ningsih, menuturkan bahwa pemenang Wirausaha Muda NTB 2020 atau penyandang duta wirausaha muda NTB ini, telah melalui proses yang cukup ketat, yakni dari 440 pendaftar dan telah disaring melalui berbagai tahap. (Red-O'im)