Daftar Nama Calon Menteri KKP RI Pengganti Edhy Prabowo, Selain Sandiaga Uno, Ada Putra Asal NTB -->

Iklan 970x250px

Daftar Nama Calon Menteri KKP RI Pengganti Edhy Prabowo, Selain Sandiaga Uno, Ada Putra Asal NTB

Minggu, 29 November 2020
Foto: Rusdianto Samawa, Aktivis Nelayan, Pembudidaya dan Petambak.

MEDIA INSAN CITA, Mataram: Kasus Edhy Prabowo membuat sektor Kelautan dan Perikanan berduka cita. Namun, perlu pertimbangkan siapa yang layak memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut.

Teka teki pengganti Edhy Prabowo yang bakal menjabat menteri Kelautan dan Perikanan masih misteri. Apakah masih jatah Partai Gerindra, atau diberikan ke partai lain, atau bahkan dari kalangan profesional, itu kembali ke hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Beredar dimedia sosial daftar nama - nama Calon Menteri KKP RI pengganti Edhy Prabowo.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Nelayan Lobster Indonesia (ANLI) Wahyu Alamsyah mengakui nama - nama yang beredar dimedia sala satunya Rusdianto Samawa merupakan aktivis nelayan yang selama ini sangat konsen pada masalah Kelautan dan Perikanan. 

Nama - nama yang beredar tersebut, para tokoh - tokoh nelayan. Tentu jelas memiliki kesempatan yang sama sehingga perlu dipertimbangkan Presiden Jokowi untuk posisi Menteri Kelautan dan Perikanan pengganti Edhy Prabowo.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Nelayan Lobster Indonesia (ANLI) Wahyu Alamsyah pejabat menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipertimbangkan Presiden nantinya sudah punya trackrecord yang bagus dan mewakili perasaan masyarakat pesisir.

"Mereka yakni Jamaluddin Jompa, Guru Besar Unhas dan Rusdianto Samawa, Aktivis Nelayan, Pembudidaya dan Petambak. Keduanya layak dipertimbangkan oleh Presiden Joko Widodo, karena kepribadian yang bersih dan punya visi kemaritiman. Apalagi Rusdianto Samawa telah menunjukan leadershipnya berada digaris depan bersama masyarakat pesisir," kata Wahyu, Sabtu (28/11/2020) kemarin.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan sebagai ad interim menteri kelautan dan perikanan atau pejabat sementara.

Wahyu Alamsyah berharap, Presiden Jokowi perlu segera menunjuk menteri definitif melalui Reshuffle besar - besaran. Tentu menteri Kelautan dan Perikanan yang cocok kedepan tidak dari kalangan Parpol, sehingga tidak seperti sekarang yang menimpa Partai Gerindra, sebab kasus yang menimpa Pak EP (Edhy Prabowo-red) terindikasi melibatkan jejaring Parpol dalam bisnis benih lobster," tutur Wahyu.

"Kami sarankan menteri kelautan dan perikanan berasal dari kalangan profesional dan aktivis nelayan yang mengerti kebijakan dan Roadmap pembangunan kelautan perikanan. Syaratnya, jelas figur yang bersih dan strong dari praktik Gratifikasi dan korupsi," imbuhnya.

Menurut dia, tugas menteri kelautan dan perikanan pengganti Edhy Prabowo semakin berat. "tugasnya kembalikan kepercayaan masyarakat agar kinerja kementerian kelautan perikanan segera pulih dan bisa mengatasi krisis kepercayaan sektor kelautan dan perikanan, serta merumuskan program prioritas sampai 2024 nanti," pungkasnya.

Berikut daftar nama - nama Calon Menteri KKP RI pengganti Edhy Prabowo sebagai berikut:

1. Jamaluddin Jompa, Guru Besar Unhas

2. Rusdianto Samawa, Aktivis Nelayan, Pembudidaya dan Petambak. (Putra Kelahiran Sumbawa)

3. Arif Satria, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB)

4. M.J. Sapteno, Rektor Unpatti Ambon

5. Sandiaga Uno, Rivalitas Presiden Jokowi Pilpres 2019

6. Agus Suherman, (mantan Dirjen PDSP KKP era Menteri Susi Pujiastuti dan Menteri Edhy Prabowo)

7. Sudirman Saad (mantan Dirjen KKP di era Menteri Rokhmin Dahuri).

8. M Riza Damanik, KNTI. (Red/O'im)