Perempuan Memilih Perempuan, Kedepan Kaum Perempuan Terberdayakan -->

Iklan 970x250px

Perempuan Memilih Perempuan, Kedepan Kaum Perempuan Terberdayakan

Senin, 26 Oktober 2020
Foto: Terlihat Presiden Joko Widodo  bersalaman bersama salah satu Pasalon Bupati Sumbawa Ibu Novi. (ist/O'im)

Sumbawa, incinews.net: Jika dibandingkan dengan visi misi Paslon lain dalam Pilkada Sumbawa, maka visi misi Mo - Novi Pasangan Nomor Urut 4 di bidang pemberdayaan perempuan jauh lebih komprehensif.

Paslon lain pada Pilkada Sumbawa sekarang ini. Nyaris bisa dikatakan tidak ada sama sekali seputar perempuan.

"Visi Mo - Novi terwujudnya kesetaraan, keadilan, kesejahteraan dan perlindungan anak dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat di Kabupaten Sumbawa." Ungkap Suten Sumarten tokoh pemberdayaan perempuan asal Pamanto Empang.

Hal - hal yang perlu diketahui masyarakat dan perempuan pada umumnya. “Ibu Dewi Noviany sebagai Cawabup perempuan nomor urut 4 satu-satunya dalam pilkada Sumbawa ingin memperbaiki program kependudukan termasuk kesehatan reproduksi demi peningkatan kualitas. Termasuk tata cara pengasuhan anak untuk menghasilkan generasi berkeadaban.” tutur Suten Sumarten saat diwawancarai.

Inilah yang mesti diperhatikan oleh perempuan Sumbawa untuk tidak merasa ragu memilih Dewi Noviany mewakili perempuan dalam pilkada Sumbawa saat ini.

"Karena kedepan, peningkatan kualitas hidup perempuan sangat penting. Apalagi turunan regulasi pemerintah yang menghapus segala bentuk tindak kekerasan terhadap perempuan dan Ibu Rumah Tangga." Lanjutnya

Mo - Novi dalam visi misinya berkomitmen penegakan hak perempuan dan peningkatan kesejahteraan serta perlindungan anak. 

Terutama dibidang kesehatan akan kembangkan Sistem Informasi Kesehatan yang baik disetiap desa - Desa untuk menunjang pengetahuan para Emak - emak di desa - desa.

"Kedepan, seluruh perempuan Sumbawa harus sehat sehingga lebih produktif. Terutama mempercepat upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)”. Kata Suten Sumarten

Terutama yang mendesak bagi masyarakat Sumbawa ada kebijakan yang menstop pengiriman Tenaga Kerja Wanita Sumbawa ke Luar Negeri seperti Arab Saudi, Damaskus Syria dan lainnya.

Faktor terberat perlindungan tenaga kerja perempuan di sektor informal. Tentu pemerintah Kabupaten Sumbawa kedepan harus berbuat lebih banyak lagi untuk perlindungan bagi buruh migran Sumbawa secara terintegrasi.

Terakhir, untuk mengingatkan pemerintah kedepan. "Meningkatkan perlindungan terhadap perempuan, anak-anak, dan kelompok rentan lainnya dari tindak kekerasan, dan memperluas cakupan kampung/desa layak anak untuk memastikan pendidikan anak usia dini dimulai dari lingkungan yang ramah." Tutup Suten Sumarten seorang dikenal pemberdaya perempuan dari Empang Tarano.

Oleh karena itu, kita harus terus mendorong perempuan Sumbawa agar memiliki peran penting dalam ranah keluarga maupun publik. 

Ibu Dewi Noviany Cawabup Pasangan Nomor 4 memiliki tanggungjawab sosial agar dapat mendidik anak-anak perempuan sebagai penerus masa depan Sumbawa, memperbaiki mentalitas masyarakat, menjaga moral keluarga, serta menggerakkan ekonomi keluarga dan masyarakat.

"Sudah saatnya Perempuan memilih Perempuan sehingga kedepan kaum perempuan dapat terberdayakan dengan baik,"ujarnya. (red)