Incinews.net
Senin, 24 Agustus 2020, 19.45 WIB
Last Updated 2020-08-24T11:46:15Z
NTBSumbawa

PKS Tanggapi Positif Banyaknya Muncul Kandidat di Pilkada Sumbawa

Foto: Ketua Tim Pemenangan Pilkada Daerah (TPPD) PKS Sumbawa, Sambirang Ahmadi. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Suhu Politik  Pilkada 2020 disumbawa masih hangat. Peta perpolitikan hingga kini masih dinamis. Sejumlah bakal pasangan calon sudah bermunculan. 

Sejauh ini sudah ada empat bakal pasangan calon (bapaslon) yang digadang-gadang akan bertarung di Pilkada Sumbawa pada 9 Desember mendatang. 

Mereka adalah H Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Mo-Novi). Nurdin Ranggabarani-Burhanuddin Jafar Salam (Nur-Salam). Kemudian, Talifuddin-Sudirman (Talif-Dirman) dan H Syarafuddin Jarot-Mukhlis (Jarot-Mukhlis). 

MUNCUL BAPASLON BARU LAGI DI PILKADA SUMBAWA?

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Daerah (TPPD) PKS Sumbawa, Sambirang Ahmadi memprediksikan akan muncul satu lagi pasangan kandidat lainnya. 

Ia mengatakan, bahwa hal itu tidak menutup kemungkinan. Mengingat masih ada beberapa partai yang belum menerbitkan SK nya. 

Antara lain seperti Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) termasuk PDI Perjuangan. 

"Bisa saja muncul calon baru lagi. Karena masih ada beberapa partai yang belum ada SK nya," kata Sambirang, Senin (24/8/2020) memprediksikan. 

"Dan kalau mereka berkoalisi memungkinkan sekali akan muncul satu paket baru lagi. Artinya, ini masih dinamis," imbuhnya. 

Menurut pria yang kerap disapa Ustadz Sambirang itu, bahwa untuk Pilkada Sumbawa sangat memungkinkan akan muncul maksimal sebanyak lima pasang kandidat. 

"Sekarang kan sudah ada empat (bapaslon), maksimal Sumbawa itu ada lima (pasang bakal calon yang akan bertarung di Pilkada Sumbawa)," ujarnya. 

TANGGAPAN PKS BANYAK MUNCULNYA KANDIDAT DI PILKADA SUMBAWA?

Politisi yang dikenal ramah dan santun itu juga menanggapi banyak munculnya kandidat yang maju di Pilkada Sumbawa. 

Menurut Sambirang Ahmadi, pihaknya menyambut baik, bahkan dinilai sangat positif. Itu artinya, kata dia, bahwa Sumbawa memiliki banyak putra-putri terbaik. 

Disisi lain, masih kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD NTB itu, menandakan bahwa kemunculan putra-putri terbaik itu, semata-mata lantaran mereka peduli ingin membangunan serta memajukan masyarakat dan daerah. 

"Kalau saya, positif saja. Semakin banyak calon semakin bagus. Jadi paslon itu ibarat hidangan, tinggal publik yang memilih sesuai dengan seleranya," kata Sambirang. 

"Yang jelas, saat ini publik sudah punya pilihan. Dia (masyarakat) suka yang mana itu sudah punya pilihan. Jadi kalau ada nanti muncul calon baru lagi, tapi publik suka sama pilihannya, ya tidak akan berubah. Intinya publik sudah punya pilihan," demikian Sambirang yang juga Sekretaris Fraksi PKS DPRD NTB menambahkan. 

MO-NOVI DIDUKUNG KOALISI BESAR 

Untuk diketahui, pasangan dengan tagline "Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban" itu didukung oleh koalisi besar. 

Saat ini sudah ada beberapa partai politik yang merapat bersama Mo-Novi. Antara lainnya PKS, PKB, Berkarya, Nasdem. 

Sejumlah parpol itu telah menegaskan secara resmi melaluindebgan diterbitkannya SK dukungan oleh DPP partai masing-masing. 

Dikabarkan, menyusul Golkar juga akan merapat ke Mo-Novi. Begitupun Hanura. Bahkan sebelumnya PDIP juga menyatakan arah dukungannya untuk pasangan tersebut. 

Pasangan ini cukup menjadi perhatian publik. Lantaran hanya pasangan ini yang memiliki calon perempuan sekaligus mewakili kaum hawa di Sumbawa. 

Dimana Kabupaten Sumbawa belum pernah di Pimpin oleh seorang perempuan. Itu artinya, dengan kehadiran Novi menjadi sebuah sejarah baru, terlebih jika kelak pasangan ini mendapatkan mandat dari masyarakat Sumbawa untuk memimpin Sumbawa kedepan. 

DEWI NOVIANY : SAYA ADA UNTUK PEREMPUAN SUMBAWA

SIAP PERJUANGKAN HAK PEREMPUAN -- Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tujuh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Dari tujuh daerah ini, salah satunya yaitu Kabupaten Sumbawa. Dewi Noviany adalah Bakal Calon Wakil Bupati Sumbawa.

Ia adalah satu-satunya perempuan yang maju dalam kontestasi pilkada yang direncanakan akan digelar pada 9 Desember mendatang.

Dewi merupakan pasangan dari H Mahmud Abdullah yaitu Bakal Calon Bupati Sumbawa. Diketahui, pria yang kerap disapa Haji Mo' itu kini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sumbawa.

Kehadiran Dewi Noviany di Pilkada Sumbawa tentunya akan memberikan dampak baik bagi kaum hawa di Tana Samawa. Sebab, dia sendiri adalah perwakilan dari perempuan Sumbawa.

Kepada media ini, Bacawabup Sumbawa itu menegaskan akan siap memperjuangkan hak-hak perempuan di Kabupaten Sumbawa.

"Insya Allah, dengan keberadaan saya sebagai keterwakilan perempuan, tentu akan memperioritaskan kaum perempuan disana (Kabupaten Sumbawa). Intinya, saya ada untuk perempuan Sumbawa," ujarnya belum lama ini.

Menurut dia, sudah saatnya kaum perempuan di Sumbawa bangkit untuk lebih baik. Dimana dia juga berjanji akan memberdayakan perempuan Sumbawa dalam membangun Kabupaten Sumbawa.

"Jadi bukan hanya berbicara pembangunan fisik atau yang lainnya saja, tapi juga bagaimana agar perempuan-perempuan di Sumbawa bisa muncul ke permukaan. Dan kesetaraan (laki-laki dan perempuan) itu penting," tegas perempuan yang kerap disapa Novi ini.

Ia melihat sejauh ini respon kaum perempuan di Sumbawa sudah sangat baik kepadanya. Terlebih dengan sisa waktu yang ada, ia menegaskan akan memaksimalkan kembali melalui silaturahim bersama warga.

"Bismillah. Itu yang membuat saya semangat. Ada kepercayaan masyarakat di Sumbawa bahwa perempuan sangat diandalkan untuk memimpin," demikian Dewi Noviany. (red)