Gaungkan "AyoKembaliKeSenggigi", Sekda Baehaqi Rela Angkat Sampah -->

Iklan 970x250px

Gaungkan "AyoKembaliKeSenggigi", Sekda Baehaqi Rela Angkat Sampah

Sabtu, 29 Agustus 2020
Foto: Kiri ke Kanan Mastur Ketua Kotasi
Baehaqi Sekda, Akhkam Kadispar, Husein Staff. (ist/O'im)

Lombok Barat, incinews.net: Konsistensi Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) dalam melakukan  kegiatan  bersih-bersih tempat wisata mulai menuai hasil. Paling tidak  apa yang diharapkan   Kepala Dinas (Kadis)  Pariwisata Lobar H.  Saepul Akhkam sebelum-sebelumnya, agar kegiatan "Ayo Bersih-Bersih" ini menjadi   stimulus untuk  pihak-pihak lainnya ikut peduli pada kebersihan tempat wisata, bisa menunjukkan hasilnya.

Sejak pagi, Jum'at (29/8/2020) ratusan orang terlihat ikut berpartisipasi dalam kegiatan "Ayo Bersih-Bersih" yang masih berfokus di kawasan Senggigi, mulai dari para staf Dispar Lobar, staf hingga para General Manager (GM) hotel seputaran Senggigi, para terapis Spa, ladies dan pramuwisata usaha karaoke, komunitas peduli hingga jajaran pemerintah daerah yang dikomandoi langsung oleh Sekretaris Daerah Lobar H. Baehaqi. 

"Ini di luar perkiraan, bahwa semua pihak mau turun. Tidak hanya dari perhotelan, ini juga diikuti oleh pramuwisata kita di Kafe dan Spa," ungkap Akhkam. 

Menurutnya kali ini merupakan salah satu  kegiatan bersih-bersih yang paling ramai dari  sebelum-sebelumnya.

"Tentu kita di Dispar sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ikut ambil bagian. Bahkan hari ini kita dibantu Sekda yang langsung ikut nyapu dan angkat sampah," ujar Akhkam antusias.

Kegiatan ini, imbuhnya akan menjaga semangat semua pihak untuk tetap menggaungkan  semangat  #AyoKembaliKeSenggigi.

"Itu tagline kita bersama seluruh pemangku kepentingan untuk mengulang kembali kejayaan Senggigi sebagai destinasi andalan," terang Akhkam.

Agar tagline itu semakin menggema, Akhkam memastikan Dinas Pariwisata bersama para pelaku di Senggigi akan menggelar beberapa event. Seperti Bike Camping untuk para penghobi sepada di Pantai Kerandangan yang digelar mulai nanti malam, kegiatan senam massal Zumba di tanggal 19 September, Motor Enduro di Batulayar tanggal 19-20 September, Senggigi Soundsation di setiap hari Minggu, dan bahkan penanaman coral planting untuk spot foto underwater.

"Ngecok Zumba tanggal 19 nanti akan menjadi launching tagline kita itu," papar Akhkam.


Sekretaris Daerah H. Baehaqi di tengah-tengah menyapu jalan juga menyampaikan apresiasinya kepada para Aparatur  Sipil Negara  (ASN) yang menyempatkan diri ikut dalam kegiatan  bersih-bersih ini. 

"Saya berterimakasih kepada para ASN yang ikut serta, khususnya yang memberikan motivasi atau yang menggerakkan kegiatan ini yaitu Dinas Pariwisata," ucap Baehaqi. 

Menurutnya kegiatan ini juga merupakan suatu langkah dan terobosan yang perlu diikuti dan ditiru oleh semua OPD yang ada di Lombok Barat agar progres  kepariwisataan untuk  bangkit dan kembali menjadi basis perekonomian daerah bisa segera terwujud.

Di kesempatan terpisah, dua orang pelaku usaha hiburan yaitu Acok dan Herman yang juga konsisten ikut mendukung  kegiatan "Ayo Bersih-Bersih" di setiap minggu  mensyukuri semangat yang terjaga dari para pelaku usaha dalam mendukung  kegiatan ini. 

"Dengan adanya kegiatan bersih-bersih di Senggigi ini, kita alhamdulillah sudah mulai bangkit lagi dan dari Minggu pertama sampai sekarang tambah ramai. Juga tamu-tamu sudah mulai datang,  teman-teman juga jadi  tambah semangat," ucap Acok antusias. 

Di sisi lain Herman yang juga merupakan Ketua Asosiasi Pengusaha  Hiburan (APH) juga mengatakan  komitmennya untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan Senggigi  untuk para wisatawan. 

"Dari APH pagi ini menerjunkan hampir 90 persen personilnya, jadi cukup ramai. Mulai dari depan Polsek Senggigi hingga atas Sheraton hotel sudah bersih. Insyaallah Minggu berikutnya kita akan terus secara estafet membersihkan kawasan Senggigi ini dari sampah agar memberikan kenyamanan kepada pejalan kaki dan wisatawan," ucapnya sambil menunjukkan absensi anggotanya.

Kegiatan bersih-bersih ini  juga diikuti oleh komunitas Kopkarwis, Lombok Oceans Care,  anggota Satuan Polisi  Pamong Praja Lobar, jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar,  hingga Camat Batulayar beserta jajaran. (red)