Ratusan IKM/UKM Lombok-Sumbawa Siap Berkontribusi di JPS Gemilang Tahap III

Iklan 970x250px

Ratusan IKM/UKM Lombok-Sumbawa Siap Berkontribusi di JPS Gemilang Tahap III

Thursday, June 25, 2020
Foto: Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, H Fathurrahman. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Program JPS Gemilang NTB membawa berkah bagi ratusan IKM/UKM yang memproduksi Kopi di pulau Lombok dan Sumbawa. Setidaknya 134 IKM Kopi siap berkontribusi dalam paket JPS Gemilang Tahap III.

"Sampai saat ini ada sekitar 130 IKM/UKM Kopi yang terekomendasi dari Dinas Perindag Kabupaten/Kota yang siap kontribusi di JPS Gemilang tahap III," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, H Fathurrahman, Rabu (24/6/2020) di Mataram.

Menurutnya, produk Kopi JPS Gemilang kali ini lebih banyak varian dan berasal dari 130 IKM/UKM Kopi di pulau Lombok dan Sumbawa, seperti Kopi Sajang, Datu Coffee Lombok, Etnic Robusta Lombok, Sangrai Coffee Bonjeruk, Vanbredo Tambora Dompu, Ori Coffee Dompu, Kopi Punik Sumbawa, Cahaya Robusta, Kopi Tepal Sumbawa, Umakahawa Bima, Gumbe Bima, Kon Bayan, KlU Nina Pacu dan lain sebagainya.

Program JPS Gemilang menyediakan 125 ribu paket bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi corona di NTB. Komoditas kopi menjadi salah satu item dalam paket tersebut, dimana masing-masing paket berisi 100 gram kopi kemasan.

Menurut Fathurahman, dengan penyerapan produksi Kopi di JPS Gemilang diharapkan para pelaku IKM/UKM Kopi bisa tetap berproduksi dan hasilnya terserap pasar di masa pandemi saat ini.

"Harapan kami dari Dinas Perdagangan NTB, untuk memberikan peluang bagi IKM/UKM Kopi agar bisa menggeliat di tengah wabah pandemi ini. Dan tentunya 
IKM/UKM Kopi bisa terus termotivasi untuk meningkatkan kualitas dan standarisasi produknya," katanya.

Ke depan, Pemerintah NTB akan terus mengupayakan peluang yang ada baik antar Provinsi maupun untuk skala eksport.

"Mudah-mudahan keberpihakan pemerintah daerah Provinsi NTB JPS Gemilang ini dapat memberdayakan 
IKM/UKM kita selanjutnya. Yang terpenting IKM/UKM kita bisa terus berinovasi memperbaiki kualitasnya untuk terus lebih ditingkatkan," tukasnya. (red)