Incinews.net
Rabu, 24 Juni 2020, 18.24 WIB
Last Updated 2020-06-24T10:25:17Z
BawasluNTB

Persiapkan Langkah Penanganan, Bawaslu Kabupaten Bima Gelar Rapat Konsolidasi

Foto: Rapat konsolidasi di ruang rapat sentra Gakumdu Bawaslu Kabupaten Bima. 

Bima, incinews.net: Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima, Senin kemarin (22/06/2020) menggelar rapat konsolidasi di ruang rapat sentra Gakumdu Bawaslu setempat. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., menjelaskan, rapat koordinasi itu dilakukan dalam rangka menyiapkan sekaligus memantapkan kesiapan Sentra Gakkumdu dalam menangani pelanggaran pidana pemilu selama proses pelaksanaan tahapan Pilkada Bima 2020.

Tahapan yang sudah di depan mata saat ini, kata ia, adalah Verifikasi Faktual (Verfak). Melalui tahapan verfak, tambahnya, tidak menunutup kemungkinan akan ditemukan pelanggaran. “Karena itu, kita perlu persiapkan diri dengan merumuskan langkah terbaik untuk penanganan pelanggaran yang efektif nan efisien. Melalui momen ini, mari kita satukan persepsi dalam memahami regulasi untuk mantapkan kesiapan diri kita dalam menangani pelanggaran tahapan Pilkada,” tuturnya. 

Hal Senada disampaikan Ketua Koordinator Sentra Gakumdu Bawaslu setempat, Abdurrahman, S.H., menuturkan, setiap tahapan pilkada cukup berpotensi adanya pelanggaran, sehingga dibutuhkan kesiapan yang matang untuk persiapan langkah penanganannya. “Ketika ada pelanggaran, kita sudah siap menanganinya,” tegasnya.

Menyinggung soal verfak, Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bima ini, mengaku, ada beberapa hal yang berpotensi terjadinya pelanggaran terhadap tahapan verfak, antara lain;  adalah terkait keabsahan KTP, kemungkinan adanya penyelenggara tekhnis yang tidak melaksanakan verfak, dan beberapa hal lainnya yang mungkin bisa saja terjadi. “Karena itu, kita perlu menyiapkan diri lebih dini untuk langkah penanangan yang tepat,” pungkasnya. (red)