Incinews.net
Selasa, 30 Juni 2020, 23.28 WIB
Last Updated 2020-06-30T15:32:10Z
NTBPolisi

Kapolda NTB Berjibaku Kawal Penerapan New Normal Life di NTB

Foto: Kapolda NTB Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. didampingi Direktur Lalu Lintas Kombes Pol. Noviar, S.I.K kembali menggelar sosialisasi dengan menyasar beberapa titik ruas jalan utama di Kota Mataram. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Setelah sehari sebelumnya menyerahkan bantuan sebagai wujud nyata Polri ada di tengah masyarakat, sekaligus melakukan sosialisasi new normal life atau tatanan hidup baru pada masyarakat pesisir di Lombok Timur, Selasa (30/6/2020), Polda NTB kembali menggelar sosialisasi dengan menyasar beberapa titik ruas jalan utama di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kapolda NTB Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. didampingi Direktur Lalu Lintas Kombes Pol. Noviar, S.I.K. mengungkapkan, sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait pelaksanaan new normal tersebut, digelar dalam rangka menindaklanjuti pencabutan Maklumat Kapolri Nomor MAK/2/III/2020, tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Kapolri telah mencabut maklumat tersebut dengan diterbitkannya Surat Telegram Nomor STR/364/VI/OPS.2./2020, tertanggal 25 Juni 2020 tentang perintah kepada jajaran mengenai pencabutan Maklumat Kapolri dan upaya mendukung kebijakan adaptasi baru atau new normal. Itulah dasar Polda NTB bergerak cepat ke semua lini termasuk saat ini kami menyasar masyarakat pengguna jalan raya,” ungkap M. Iqbal.

Selain itu, lanjut Kapolda NTB, pihaknya telah menginstruksikan di internal Polda NTB bahwa disamping melaksanakan tugas dan jabatan sahari-hari, agar melaksanakan kegiatan sosialisasi dan imbauan serupa.

“Termasuk kepada Polres jajaran se-NTB, kami sudah perintahkan agar melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, kaitannya dengan adaptasi baru atau new normal life ini. Nah, kalau kemarin sosialisasi dilakukan oleh Dit Pol Airud dan Dit Binmas, saat ini giliran Dit Lantas yang melakukannya di beberapa titik di Kota Mataram,”

Lebih lanjut M. Iqbal menjelaskan bahwa dalam berbagai kesempatan kegiatan Kepolisian, pihaknya selalu bersinergi dengan TNI di bawah koordinasi Komando Resor Militer (Korem) 162/Wira Bhakti.

“Pak Danrem kan sudah menyampaikan bahwa TNI dan Polri adalah saudara kandung bahkan saudara kembar, luar biasa. Jadi, dalam beberapa kesempatan dan kegiatan kami selalu bersinergi, seiring sejalan dengan satu tujuan terciptanya kondisi kamtibmas yang kondusif, sehingga pembangunan di Nusa Tenggara Barat bisa tercapai dan terus berjalan,” tuturnya.

Dari pantauan lapangan, tampak Kapolda NTB bersama Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.Han., Danlanud ZAM, Danlanal serta beberapa Pejabat Utama (PJU) Polda NTB turut berjibaku, memberikan sosialisasi dan imbauan serta membagikan masker dan Vitacimin, kepada para pengguna jalan di simpang empat Jalan Sriwijaya - Bung Karno.

Untuk diketahui, beberapa titik yang dijadikan lokasi pelaksanaan sosialisasi dan imbauan yang dikoordinir Direktorat Lalu Lintas, yakni di ruas Jalan simpang Seruni (Jalan Majapahit - Panji Tilar Negara), simpang empat PLN, simpang empat Kantor Golkar (Jalan Sriwijaya – Bung Karno), dan simpang empat Karang Kecicang. (red)