Bulan Juli Gelar Tes UTBK Mahasiswa Baru, Unram Utamakan Standar Protokol Kesehatan

Iklan 970x250px

Bulan Juli Gelar Tes UTBK Mahasiswa Baru, Unram Utamakan Standar Protokol Kesehatan

Tuesday, June 30, 2020

Foto: ilustrasi.

Mataram, incinews.net: Kampus Universitas Mataram (Unram) lokasi Pusat penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pihak kampus berupaya memberikan informasi dan pelayanan yang terbaik kepada para calon mahasiswa baru, khususnya informasi mengenai teknis pelaksanaan UTBK pada masa transisi menuju new normal seperti saat ini.

Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Unram Drs. Ruspan, M.Ak., menyebutkan bahwa Pelaksanaan UTBK pada kondisi normal baru (new normal), harus tetap mengutamakan standar protokol kesehatan secara ketat.

Ruspan menuturkan, hal itu sebagaimana arahan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), termasuk juga arahan dari Dirjen Dikti Kemdikbud dan Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia, untuk mengurangi resiko penyebaran infeksi Covid-19 dan mengutamakan keselamatan peserta maupun penyelenggara.

Dia juga menjelaskan, setiap peserta nantinya akan menjalani pengecekan suhu tubuh. Hal itu untuk memastikan semua peserta yang mengikuti tes dalam keadaan sehat. Sehingga jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada peserta saat menjalani tes UTBK. Adapun petugas lapangan yang akan disiapkan Unram untuk melakukan tugas-tugas tersebut masih dalam tahap finalisasi.

“Setiap peserta dicek suhunya, Unram juga menyiapkan masker cadangan dan petugas kami dalam tahap finalisasi,” tutur Ruspan.
Sesuai kebijakan terbaru dari LTMPT, Ruspan mengungkapkan bahwa tes UTBK di Unram akan dilaksanakan 2 sesi dalam sehari, pagi dan siang. Tes pun akan dilaksanakan dalam 2 tahap.

Dia mengatakan tahap 1 akan dimulai pada tanggal 5 sampai dengan 14 Juli, sementara tahap 2 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli. Untuk pengumuman UTBK SBMPTN sendiri, akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020 mendatang.
“Sedangkan Unram pada tahap 1 dan tahap 2 hanya (menggelar, red.) 1 sesi saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Akademik Unram Dwi Siswanto, S.Kom., MM, menekankan seluruh peserta UTBK untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Dia menghimbau peserta agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah, termasuk saat memasuki lingkungan Unram dan pada saat ujian sedang berlangsung hingga pulang kerumah.

Selain itu, dia juga menghimbau peserta UTBK untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun di tempat yang telah disediakan panitia sebelum memasuki ruang ujian maupun setelah selesai ujian. Serta tidak banyak menyentuh permukaan dilingkungan sekitar.

“Juga menjaga jarak saat menunggu giliran ujian,” imbuhnya.

Dwi mengingatkan pula agar peserta tidak banyak mengobrol, bergerombol dan menghindari kerumunan. Termasuk juga membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh panitia saat ujian
.
“Peserta agar segera pulang begitu selesai ujian,” tutupnya. (red)