Incinews.net
Sabtu, 30 Mei 2020, 04.55 WIB
Last Updated 2020-05-30T04:12:56Z
HeadlineHukum

Tim Julukan "Singa Gunung" Bentukan Kapolda NTB Siap Berantas Kejahatan di Bumi Gora

Foto: Tim PUMA dan Kapolda NTB. (ist/O'im)

Mataram, incunews.net: Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad IQbal S.I.K, M.H Melaunching Pembentukan "TIM PUMA " Polda NTB, jum'at (29/5/2020) di halaman gedung Command Centre.

Pembentukan Tim Puma Polda NTB berdasarkan Surat Perintah Kapolda NTB dengan Nomor: Sprin/775/V/RES.1.24/2020, tanggal  20 Mei 2020 yang mana Tim PUMA Polda NTB dibebankan Tugas untuk menanggulangi Tindak Pidana seperti : Ancaman Teror Bom, Perampokan, Curat, Curas, Curanmor, Premanisme, Penyandraan, Perjudian, Pembajakan dan Pembunuhan.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad IQbal S.I.K, M.H mengatakan, pembentukan Tim Puma Polda NTB dilatarbelakangi  dengan adanya kemajuan dan perkembangan diberbagai bidang Prov-NTB yang begitu pesat. "Maka hakekat ancaman gangguan kamtibmas sudah pasti juga meningkat sehingga dipandang perlu pembentukan Tim Khusus Ditreskrimum Polda NTB dengan nama  "PUMA POLDA NTB",sebut Kapolda NTB melalui Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I K, M.Si.

Untuk mendukung kelancaran tugas TIM PUMA POLDA NTB, para anggota dilengkapi dengan peralatan :
Helm, Rompi, Borgol, Senter, Kamera Badan, Senpi laras panjang, Senpi laras pendek, HT, Zebo serta ranmor R2, Kendaraan Taktis R4 Dobld Cabin kendaraan taktis R6 Komando dan Kendaraan R6 taktis untuk personel.

Selain itu, Kapolda mengatakan, bahwa setelah berdiskusi dan mendapat masukan dari berbagai pihak maka dibentuklah Tim "PUMA" untuk menjawab harapan dari masyarakat. Tim Puma Polda NTB diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar sesuai dengan SOP, Sehinga Kata ia, apa yang diharapkan oleh masyarakat Prov-NTB  yaitu terciptanya kamtibmas yang kondusif dapat dirasakan.

"Dilihat dari ancaman gangguan Kamtibmas dan dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dari perkembangan pembangunan maka terbentuknya tim khusus Ditreskrimum Polda NTB dengan nama "PUMA POLDA 
NTB" sangat diperlukan," terangya.

PUMA yang memiliki arti Singa Gunung, dengan karakteristik menyerang mangsanya dengan menyergap atau menyerang secara tiba-tiba.Maknanya Tim "PUMA POLDA NTB", "ini agar dapat mengungkap para pelaku tindak pidana konvensional dengan cepat dan tepat,"tandasya.

Selain itu, sambung ia, pembentukan tim "PUMA POLDA NTB",ini merupakan suatu kebutuhan Polri dalam rangka meningkatkan pelayanan Kepolisian terhadap masyarakat di Wilayah Hukum Polda NTB.Tim "PUMA POLDA NTB,"keberadaannya dalam rangka menanggulangi Tin dak Pidana sebagai berikut: AncamanTeror Bom,Perampokan,Curat,Curas,Curanmor,Premanisme,Penyandraan,Perjudian,Pembajakan dan Pembunuhan.

Lebih lanjut ia, Katakan, Dengan ditetapkannya kawasan Mandalika sebagai Destinasi wisata Dunia, serta adanya sirkuit motor GP mandalika maka akan mendatangkan wisatawan dari mancanegara. "Perlu peningkatan pengamanan baik terhadap orang, barang, dan event-event Nasional maupun Internasional sehingga Polda NTB perlu menyikapi perkembangan tersebut,"ujar Kapolda NTB.

"Kapolda NTB sangat berharap dengan di launchingnya " TIM PUMA " ini semua kejahatan yang timbul di wilayah Polda NTB dapat diungkap secara cepat,"pungkasnya. (red)