Incinews.net
Minggu, 24 Mei 2020, 16.51 WIB
Last Updated 2020-05-25T04:36:03Z
HeadlinePemerintah

Menggunakan Motor, Gubernur Zul Pantau Warga di Malam Takbiran

Foto: Gubernur NTB, Kapolda dan Danrema 162/WB. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Hari Raya Idulfitri tahun ini akan jatuh pada Minggu (24/5/2020). Itu artinya pada hari ini, Sabtu (23/5/2020) seluruh umat Islam akan mengumandangkan takbir. Namun, tidak seperti momen Idulfitri tahun sebelumnya, pada tahun ini seluruh umat Islam akan merayakannya di tengah situasi pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Covid-19.

Di dalam fatwa tersebut disunahkan untuk menghidupkan suasana malam Idulfitri dengan takbir, tahlil, dan tahmid. MUI pun mengimbau agar takbir dilakukan di rumah masing-masing.

Dan di tengah situasi sulit seperti ini, mustahil rasanya bagi umat Islam di NTB untuk melakukan takbir keliling. Namun, umat Islam tidak perlu takut akan kehilangan momen takbiran tersebut karena masih bisa menyiasatinya dengan mengumandangkan takbir dari rumah.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah yang hadir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi NTB memantau langsung situasi dan kondisi warga NTB di malam takbiran Sabtu, (23/5/2020).

Sebelumnya, Gubernur terlebih dulu bersama Kapolda melepas patroli takbiran di Lapangan Gajah Mada, Polda NTB. Dalam sambutannya, Gubernur Zul menyampaikan bahwa takbiran tahun ini tidaklah sama seperti tahun sebelumnya, namun Gubernur juga mengajak para aparat kepolisian yang akan bertugas untuk tetap bersemangat mengamankan idul fitri yang akan dilaksanakan besok. 

"Sayup Sayup terdengar takbir yang terus berkumandang, malam ini adalah malam yang biasanya sangat ramai dalam menyambut idul fitri. Namun tahun ini, keramaiannya tidak seramai dulu. Namun tidak menyurutkan niat kita untuk siap menyambut dan mengamankan idul fitri yang besok dilaksanakan" himbau Gubernur Zul. 

"Mudah-mudahan dengan kerja keras kita, insyaallah NTB aman, tenteram, dan menyenangkan bagi kita semua. Semoga Allah SWT merindhoi langkah kita semua, aaamiin." tutupnya

Setelahnya Ia didampingi Kapolda dan Anggota Forkopimda lainnya antara lain Danrem 162 Wirabhakti dan Danlanal AU menggunakan motor untuk berkeliling menggunakan motor. (red)