Jemput 40 Unit Program Bedah Rumah, Kinerja Kades Mangge Asi Diapresiasi Warga -->

Iklan 970x250px

Jemput 40 Unit Program Bedah Rumah, Kinerja Kades Mangge Asi Diapresiasi Warga

Rabu, 06 Mei 2020
Foto: Foto; Serah terima surat keputusan Kepala Desa Mangge Asi, Suhadi tentang data penerima bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada BPD setempat. (Azw)

Dompu, incinews.net: Kepala Desa Mangge Asi berhasil menjemput bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Dompu tahun anggaran 2020 untuk 40 kepala keluarga (KK) tak mampu di Desa setempat. 

Berdasarkan hasil survei kondisi rumah yang ditempati warga sejak bulan Maret hingga minggu ke II bulan April 2020. Tim dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Dompu telah melakukan verifikasi dan perengkingan terhadap rumah tangga yang menempati rumah tidak layak huni.

"Hasil survei dan masukan masyarakat akhirnya kami menetapkan 40 unit rumah tangga sebagai penerima bantuan rumah swadaya (BRS) dari Pemerintah Dompu. Dalam waktu dekat insya Allah akan segara dikerjakan," jelas Kepala Desa Mangge Asi, Suhadi., Rabu (06/05/2020).

Katanya, dirinya juga telah mengeluarkan keputusan Kepala Desa tentang penetapan pembentukan kelompok penerima bantuan rumah swadaya dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Dompu tersebut. Besarnya bantuan sebesar Rp.17 juta lima ratus ribu per unit rumah kepala keluarga penerima manfaat.

"Semoga program ini bermanfaat. Terhadap masyarakat tak mampu lainya yang belum mendapatkan program ini akan diprioritaskan tahun depan. Entah itu bersumber dari ADD/DD atau program yang kita jemput dari pemerintah daerah maupun provinsi," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah warga masyarakat penerima manfaat menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kades Mangge Asi, Suhadi yang telah menetapkan nama-nama mereka sebagai penerima bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tersebut.

Menurut warga, kinerja Kepala Desa Mangge Asi yang baru beberapa bulan dilantik itu sangat nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Mereka berharap agar program strategis seperti itu dapat terus dilakukan agar merata dan berkelanjutan.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah Desa Mangge Asi. Sebab dengan bantuan ini kami sekeluarga bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak," ujar beberapa warga penerima manfaat kepada media ini. (inc)