Incinews.net
Rabu, 06 Mei 2020, 15.37 WIB
Last Updated 2020-05-06T13:13:08Z
HeadlineKesehatanNTB

Alhamdulillah, Enam RSUD di NTB Dapat Bantua APD dari Satgas DPR RI

Foto: Ilustrasi. (ist/O'im)

Mataram, incinews.net: Sebanyak 6 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di NTB mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Satgas DPRI dan DPRD NTB. Sejak tiba Hari Minggu (3/5), Satgas tersebut langsung bagi tugas untuk pendistribusiannya ke 6 sasaran rumah sakit. Di antaranya empat (4) rumah sakit di Pulau Lombok dan dua (2) di Pulau Sumbawa. 

Di Pulau Lombok,  bantuan tersebut diarahkan ke RSUD Provinsi di Mataram, RSUD R. Soedjono Selong Lombok Timur, RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat, dan RSUD Lombok Tengah. Sedangkan di Pulau Sumbawa akan diserahkan ke RSUP Manambai (RSMA) di Sumbawa, dan RSUD Kabupaten Bima. 

Untuk diketahui, sebagaimana diberitakan sebelumnya, Satgas Lawan COVID-19 DPR RI melalui Satgas Lawan COVID-19 DPRD NTB menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk enam rumah sakit di provinsi itu dalam membantu tenaga medis memerangi wabah Corona Virus Disease 2019.

Koordinator Satgas COVID-19 DPRD NTB Sambirang Ahmadi mengatakan, sejak di launching beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan kunjungan ke sejumlah rumah sakit rujukan dalam rangka pengawasan kesiapan dan proses penanganan pasien COVID-19. 

Ternyata, kata dia, ditemukan rata-rata rumah sakit mengkhawatirkan keterbatasan APD dan penunjang lainnya yang mereka miliki, sementara grafik positif COVID-19 di NTB terus meningkat. 

"Kondisi inlah yang kami laporkan ke Satgasnas (Satgas Nasional) DPR RI. Alhamdulillah, Satgas Lawan COVID-19 DPR RI langsung merespon dan mendrop bantuannya sejumlah 6 box yang terdiri-dari baju APD sebanyak 300, kaca mata googles 120, masker medis 6000, dan alat Rapid Test 150," ujarnya kepada wartawan, Selasa siang (5/5) kemarin di Mataram. 

Menurut Sambirang, bantuan Satgas DPRI tiba hari Ahad (3/5) dan Senin langsung bagi tugas untuk pendistribusiannya ke 6 sasaran rumah sakit. Di antaranya empat (4) rumah sakit di Pulau Lombok dan dua (2) di Pulau Sumbawa. 

Dimana di Lombok sendiri lanjut Anggota DPRD NTB asal Dapil V Sumbawa-KSB itu, telah disepakati ke RSUD Provinsi di Mataram, RSUD R. Soedjono Selong Lombok Timur, RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat, dan RSUD Lombok Tengah. 

"Yang sudah disalurkan itu baru tiga rumah sakit, yaitu RSUD NTB, RSUD Lombok Timur dan RSUD Lombok Tengah. Untuk yang lainnya menyusul," ungkapnya. 

Sambirang menambahkan, yang sudah dilakukan penyerahan pada hari Senin, adalah penyerahan bantuan ke RSU Provinsi di Mataram yang dipimpin TGH Mahally Fikri dan ke RSUD Lombok Tengah dipimpin Lalu Satriawandi. 

Hari ini dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD Selong yang dipimpin Abdul Hadi dan pada Rabu (6/5) dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD Lombok Barat yang akan dipimpin Hasbullah Muis. 

"Sedangkan, untuk penyerahan bantuan ke Kabupaten Bima akan dipimpin Mori Hanafi, sedangkan ke RS Manambae Sumbawa akan dipimpin saya sendiri," ucap pria yang kerap disapa Ustadz Sambirang ini. 

"Kami berterima kasih kepada Satgas Lawan Covid 19 DPR RI yang peduli dan responsif terhadap aspirasi kami di daerah. Semoga kita juga tetap mendapatkan droping bantuan tahap berikutnya, karena semua rumah sakit baik yang rujukan utama maupun yang second line telah melakukan register permohonan bantuan ke satgas pusat," demikian Sambirang Ahmadi. (red)