Pemprov NTB Terima Bantuan 100 APD dan 30 Buah Tandon Air dari Pertamina dan Hiswana Migas -->

Iklan 970x250px

Pemprov NTB Terima Bantuan 100 APD dan 30 Buah Tandon Air dari Pertamina dan Hiswana Migas

Rabu, 22 April 2020
Foto: Sekda NTB Saat menerima Paket Bantuan Pencegahan Covid-19. (ist/O'im)


Mataram, incinews.net: Pemrov NTB mendapatkan sejumlah paket bantuan dari PT. Pertamina dan Hiswana Migas NTB  dalam membantu pencegahan covid-19.

Bantuan tersebut diterima Pemrov NTB melalui Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si di Depan Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Rabu (22/04/2020).

Atas bantua tersebut, Sekda NTB memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT. Pertamina dan Hiswana Migas NTB yang telah memberikan donasi sebanyak 100 buah Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan. Tidak hanya itu bantuan juga berupa 30 buah tandon air cuci tangan dan hand sanitizer yang dibagikan kepada masyarakat NTB yang nantinya akan letakkan di tempat-tempat yang stategis.

"Jadi dengan adanya bantuan ini, atas nama Pemerintah Provinsi NTB dan masyarakat yang akan menikmati dan memanfaatkan mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan setelah ini diawali dengan Pertamina dan Hiswana Migas akan diikuti oleh BUMN, pengusaha, asosiasi lain yang ada di daerah kita ini," jelasnya.

Melanjutkan sambutannya, Sekda mengatakan bahwa angka-angka pasien covid-19 di NTB memang mengalami peningkatan. Lonjakan kasus itu bukan karena kelalaian pemerintah, namun penambahan angka pasien yang meningkat signifikan adalah hasil kerja dari tenaga kesehatan dan pihak lainnya 
yang berada di garda terdepan dalam menangani kasus covid-19.

"Hikmahnya dengan terjadinya lonjakan kasus ini, kita dapat mengetahui lebih cepat pasien-pasien yang kondisinya positif atau negatif. Semakin cepat kita mengetahui, maka semakin tepat treatment yang akan kita lakukan," ungkapnya.

Sekda juga mengatakan dampak dari Covid-19 ini bukan hanya mengancam aspek kesehatan, tetapi juga mengancam sendi-sendi yang lainnya seperti perekonomian dan juga sosial.

"Hal ini tentunya menjadi fokus dan perhatian Pemerintah dengan merelokasikan dana untuk masalah kesehatan, ekonomi agar tidak terpuruk lebih dalam lagi. Kami terus berupaya agar permasalahan sosial bisa teratasi sehingga tidak ada gangguan kriminal, keamanan dan lain sebagainya," terangnya.

Di akhir sambutannya, Sekda mengajak seluruh masyarakat NTB untuk berpartisipasi agar kooperatif dengan petugas kesehatan serta petugas keamanan yang datang mencari warga yang berdasarkan tracking dia pernah bersentuhan dengan pasien-pasien OPD.

"Upaya-upaya itu merupakan kerja keras pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat. Dengan kebersamaan ini, maka kita berdoa mudah-mudahan penularan virus corona dapat kita putus. Sehingga permasalahan corona di daerah kita juga dapat selesai lebih cepat dari yang kita prediksikan," harapnya.

Sementara itu Mahfud Nadyo Hantoro selaku Sales Area Manager Retail Pertamina Wilayah NTB mengatakan bantuan ini merupakan rencana Pertamina bersama Hiswana Migas untuk membuat tandon cuci tangan. Ia berharap dengan adanya bantuan ini, masyarakat NTB dapat menjaga pola hidup bersih dan sehat.

"Harapannya kami dapat membantu masyarakat NTB dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang seperti kita ketahui jumlah penyebarannya semakin naik," tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Hiswana Migas NTB Komang Mahendra Gandi. Ia mengatakan, Hiswana Migas NTB bersama dengan PT. Pertamina ikut berkontribusi dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Harapannya dengan bantuan ini akan bisa meminimalisir penyebaran atau perkembangan wabah Covid-19 di daerah ini. 

"Mudah-mudahan apa yang kami sumbangkan kepada masyarakat melalui Pemerintah Provinsi NTB bisa bermanfaat untuk masyarakat," harapnya. (red/hms)