Industrialisasi, Kisah UKM dan SMK NTB yang Menggeliat -->

Iklan 970x250px

Industrialisasi, Kisah UKM dan SMK NTB yang Menggeliat

Rabu, 22 April 2020
Foto: Gubernur  NTB Dr.H. Zulkieflimansyah dan Motor Listrik Hasil Karya SMK di Lombok Barat. (ist/O'im)


Mataram, incinews.net: Langkah  Program Industrialisasi yang dicanangkan pemerintahan Gubernur  NTB Dr.H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr.Hj. Siti Rohmi Djalilah kini terlihat. UKM dan SMK di NTB seolah berlomba berkarya saat mendapat angin segar komitmen Gubernur NTB yang selalu menginspirasi dan tiada henti menggaungkan industrialisasi.

Pada sektor industri pengolahan misalnya, ada pengolahan kakao menjadi coklat kemasan, ayam taliwang kemasan, minyak kayu putih, permen buah pala dan berbagai produk olahan lainnya, satu persatu hadir untuk dipasarkan. 

Pada sektor industri pertanian dan ternak ada industri penyulingan cengkeh yang berlokasi Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat dan Unit Pengolahan Pakan Ruminansia yang mulai mengolah pakan ternak dengan perpaduan bahan baku dari daun Lamtoro, Kulit Kacang, Dedak dan Bungkil Inti Sawit.

Tidak hanya para pelaku UKM, para siswa di berbagai SMK di NTB juga mulai memamerkan karya industrinya. 

Di sektor Industri permesinan dan otomotif, Gubernur telah melakukan uji coba motor listrik hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lingsar. Motor yang diberi nama “Lingsar” oleh Gubernur ini mampu menghasilkan bertenaga 3,5 KW atau 3500 Watt. Tidak ketinggalan SMKN 2 Gerung Kabupaten Lombok Barat yang berhasil menciptakan cold storage atau ruang pendingin untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan nelayan. 

"Kalau mau sejahtera, masyarakat harus punya lompatan dan keberanian untuk memproduksi barang-barang yang memiliki nilai tambah, seperti motor listrik ini. Apalagi NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2021 mendatang" ujar Gubernur kala itu. 

Saat ini, di masa Pandemi virus Covid-19 yang melanda NTB kebutuhan Alat pelindung Diri, termasuk masker melonjak tajam. Kondisi tersebut dilirik para pelajar SMK untuk berinovasi dan memproduksi  APD dan masker untuk membantu para tenaga kesehatan. Program Industrialisasi yang digagas Pemerintah telah membangkitkan semangat dan inovasi para pelajar untuk belajar dan menciptakan karya-karya hebat. 

Alhamdulillah. Program Industrialisasi yang digagas Pemerintah kini terus memunculkan hasil karya hebat. Kita telah membuktikan bahwa SDM kita bisa. Hari ini, SMK 1 Sumbawa berhasil membuat masker kain yang  sesuai standar dinas kesehatan. Juga ada SMKN 4 Mataram yang mampu membuat APD dan  menyumbangkan hasil karyanya untuk tenaga medis kita.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah juga turut mengapresiasi para Siswa "Terima kasih SMKN 4 Mataram yg menyumbangkan APD hasil karyanya untuk tenaga medis kita yang berjuang tanpa kenal lelah di garda terdepan...
SMK kita memang luar biasa !" ujar Gubernur Zul. (red)