Hadapi Virus Corona, Pemkab Lombok Barat Gelar Bintek -->

Iklan 970x250px

Hadapi Virus Corona, Pemkab Lombok Barat Gelar Bintek

Sabtu, 21 Maret 2020
Foto: Kadis Kesehatan Saat Menggelar Bintek Waspada Bencana Corona. (ist/O'im)


Lombok Barat, incinews.net: Sadar dengan keterbatasan personalia, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar bimbingan  teknis (bintek)  penyemprotan disinfektan dengan melibatkan seluruh Perangkat Daerah yang masing-masing diwakili 4 orang staff. 

Kegiatan diselenggarakan dengan Dinas Kesehatan Lobar bertindak selaku narasumber di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Sabtu (21/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Kesehatan mempraktikkan pencampuran cairan Clorin dengan air bersih dengan perbandingan 1 untuk cairan Clorin dengan kadar 5,25 persen berbanding 9 air bersih.

"Tapi sebelumnya, agar petugas bisa menyiapkan alat pelindung diri berupa sarung tangan plastik, masker, kaca mata, dan baju plastik pelindung. Bisa menggunakan mantel hujan," ujar Edi Setiabudi, narasumber dari Dinas Kesehatan Lobar.

Pasca bintek tersebut, para peserta yang berasal dari OPD dan Kelompok Tani se-Lobar akan disebar untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh pondok pesantren dan masjid mushalla di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

"Kita menyiapkan dari Dinas Pertanian dan Kelompok Tani sebanyak 100 unit air sprayer dan akan kita mulai per hari Senin esok jam 07.30," terang Asisten I Bidang Aparatur dan Pemerintahan Agus Gunawan.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah H. Baehaqi menyambut positif kegiatan tersebut.

"Cara ini insya Allah efektif, meski alat terbatas. Penyemperotan akan dilakukan di madrasah, masjid, dan pondok pesantren serta tempat-tempat orang banyak berkumpul," terang Sekretaris Daerah H. Baehaqi. 

Menurut Baehaqi, kondisi saat ini adalah masa tanggap darurat.

"Pemda melakukan pencegahan dulu,  seperti mengurangi perkumpulan, acara-acara, dan ini salah satu cara Pemda menanggulangi," terang Baehaqi menunjuk acara bintek tersebut.

Dalam acara tersebut, selain melatih pembuatan cairan disinfektan dan sosialisasi bahaya Corona, pihak Dinas Kesehatan pun meminta social distancing diterapkan dengan menjarakkan antar satu orang dengan orang lain berjarak sekitar dua meter.

Hadir dalam bintek tersebut, Sekretaris Daerah H. Baehaqi, Asisten I Bidang Aparatur dan Pemerintahan Agus Gunawan, Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Kesra H. Mahyudin, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Ambawati, dan Kepala Pelaksana BPBD Mahnan. (red)