Unram Peringkat 17 Versi Webometrics Situs Perguruan Tinggi Dunia Dari 2.390 PTN/PTS di Indonesia -->

Iklan 970x250px

Unram Peringkat 17 Versi Webometrics Situs Perguruan Tinggi Dunia Dari 2.390 PTN/PTS di Indonesia

Sabtu, 01 Februari 2020
"Berdasarkan data terbaru dari Webometrics yang dirilis pada 1 Januari 2020 lalu"

Mataram, incinews.net, Kampus ternama di NTB Universitas Mataram (Unram) berhasil masuk 20 besar Ranking Web Universitas di Indonesia versi Webometrics yang merupakan situs pemeringkatan website perguruan tinggi dunia.

Unram berhasil naik 5 (lima) tingkat dari peringkat ke-22 pada Juli 2019 lalu menjadi peringkat ke-17 dari 2.390 PTN/PTS di Indonesia dan menempati peringkat ke – 2.591 dari 11.993 Universitas di seluruh dunia, berdasarkan data terbaru dari Webometrics yang dirilis pada 1 Januari 2020 lalu.

Hal ini tentu membuat civitas akademika Unram patut berbangga mengingat Indikator pemeringkatan web dari situs bergengsi tersebut, tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tapi yang lebih penting adalah kinerja global dan visibilitas dari universitas itu sendiri.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum menyampaikan ucapan selamat atas Prestasi  lembaga menempati peringkat ke-17 tersebut.

“Selamat dan Sukses atas prestasi peringkat ke-17 Webometrics yang diraih, Semoga menjadikan motivasi untuk terus menjadi yang terbaik di masa yang akan datang” tuturnya.

Webometics sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol dan merupakan lembaga publik terbesar ketiga di benua Eropa. Cybermetrics Lab dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.

Webometrics memiliki empat kriteria yang menjadi penilaian untuk perguruan tinggi,yakni presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%).

“Edisi Januari 2020 dibuat dengan indikator-indikator yang diperoleh selama bulan ini untuk menjaga pembaharuan data dari peringkat Universitas secara terkini” dilansir dari website Webometrics, Jumat (31/1/2020).

Presence berkaitan dengan jumlah laman dengan domain Universitas yang terekam search engine (mesin pencari). Sementara Impact berkaitan dengan external link (pranala luar) yang tertaut di Google, Openness mengacu pada kategori dokumen yang siap diunduh (di-download), dan Excellence mengacu pada jumlah publikasi ilmiah sivitas akademika di Google Scholar. (Inc)