Lewat BTC, Hotel Bidari Mataram Siap Mencetak SDM Siap Pakai di Sektor Pariwisata NTB -->

Iklan 970x250px

Lewat BTC, Hotel Bidari Mataram Siap Mencetak SDM Siap Pakai di Sektor Pariwisata NTB

Incinews.net
Minggu, 23 Februari 2020
Foto: Direktur BTC, Gede Gunanta Saat Mengisi Acara Seminar Speaking Bidari Tourism College, yang di Hadiri Ratusan Peserta dari SMK/SMA, Guru, Dinas Tenaga Kerja di Kota Mataram, GM Hotel Dan Sejumlah Pihak Tetkait. (O'im)

Mataram, incinews.net: Sumber daya manusia (SDM) unggul akan berperan penting dalam memajukan sektor pariwisata. Pariwisata adalah industri jasa yang bertumpu pada pelayanan. Oleh sebab itu, kualitas dan kapasitas SDM sektor pariwisata memegang peranan sangat penting.

Pembangunan di bidang pariwisata Indonesia khususnya di NTB membutuhkan SDM pariwisata yang unggul agar dapat berkompetisi dengan daerah atau negara-negara lain yang sudah lebih maju industri pariwisatanya.

Karena itu seluruh SDM pariwisata khususnya di NTB harus menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan pariwisata semua komponen pariwisata, mulai dari lembaga pendidikan kepariwisataan maupun bidang industri, seperti hotel, restoran, biro perjalanan, dan pengelola objek wisata harus berpikir futuristik.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencetak lebih banyak SDM unggul di bidang pariwisata salah satunya adalah melalui pelatihan secara berkesinambungan kepada pekerja sektor pariwisata.

Di NTB sendiri telah hadir Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bidari Tourism College (BTC) yang siap mendukung pengembangan pariwisata NTB dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing tinggi.

Hal ini kami lakukan sebagai bagian keiikut sertaan memberikan sumbangsih dalam rangka melahirkan tenaga kerja yang siap pakai di NTB. Senapas dengan Pemerintah Daerah (Pemda) NTB untuk melahirkan tenaga yang berkompeten sesuai kebutahan dunia usaha. 

Hal itu disampaikan Direktur BTC, Gede Gunanta, usai menggelar acara Seminar tentang Public Speaking, ini merupakan rangkaian sejumlah workshop, seminar, dan lomba berhadiah menarik, yang akan dilaksanakan BTC selama empat bulan ke depan.

BTC sendiri merupakan sekolah D1 Pariwisata menjadi salah satu lembaga sekolah pariwisata terdepan.

Menurut ia, dalam rangka memaksimal itu, selain sudah mengenalkan BTC kepada pelajar SMA, SMK, MA sederajat, menurut Direktur BTC, Gede Gunanta, paling penting adalah bagaimana membuka wawasan dan pemikiran para lulusan tentang peluang kerja yang sangat potensial di sektor Kepariwisataan. "Dan kami BTC merekrut dosen dari kalangan praktisi pariwisata yaitu GM dari beberapa hotel, chef profesional dan sejumlah ahli lain dibidangnya masing-masing, bahwa kami gak main-main,"sebutnya, sabtu (22/2/2020).

Hal yang buat kami optimis, BTC sudah melakukan kerjasama dengan agen kapal pesiar salah satunya berkedudukan di Bali sebanyak dua agen. “Yang sudah menghubungi saya ada dua agen. Sudah ketemu dan sudah menjajaki kerjasama,” terangnya.

Diharapkan kedepan, BTC ini menjadi salah satu bagian pilihan tempatnya generasi muda NTB untuk bersekolah di luar lembaga pendidikan yang sejenisnya.

“Yang membedakan dengan sekolah lain adalah kami mempunyai hotel sendiri yang langsung praktek yang tergabung dengan PHRI,” jelas Gede Gunanta, selain jadi direktur ia menjabat Wakil Ketua Bidang Kelembagaan Perijinan dan Legal PHRI NTB.

Selain itu menariknya, BTC juga memberikan hak asuh bagi anak korban gempa yang kurang beruntung dan kurang mampu secara finansial sebanyak 5 orang per tahun tentu saja punya keinginan kuat mengikuti pendidikan, maka BTC memberikan solusi kepada mereka dengan cara membebaskan seluruh biayanya.

“Namun sebelumnya diverifikasi terlebih dahulu oleh tim BTC. Kemudian dilengkapi dengan surat keterangan dari sekolah asal. Bagi yang berminat bisa menghubungi sekolah asal untuk menghubungi pihak BTC,” jelasnya.

“Kami sadar betul bahwa kompetisi ini sangat tidak mudah, tapi dengan tim yang solid dukungan dari kalangan industri pariwisata serta arahan dari pemerintah kami yakin BTC akan menjadi salah pilihan yang terbaik,” katanya.

Sementara, Wakil Direktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bidari Tourism College (BTC), Ratna Dewi menjelaskan, bahwa public speaking ini dalam rangka merespon pembangunan pariwisata Lombok ke depan, salah satunya menjemput digelarnya MotoGP 2021.

“Tentu saja, semoga nanti dengan adanya seminar ini memberikan informasi yang baik tentang BTC sehingga menarik minat para calon peserta,” jelasnya.

Di BTC sendiri katanya, ada empat jurusan yang sudah tersedia yakni jurusan Akomodasi Perhotelan, Housekeeping, Front Office, Food and Beverage dan DJ Class.

“Dengan target 20 orang perkelas, sehingga menghasilkan tenaga siap pakai siap bekerja dengan biaya hanya Rp 12 juta dan bisa dicicil tiga kali,” jelasnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke kampusnya di jalan Jl. Bangau No.5, Cakranegara Bar., Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83239 untuk informasi lebih jelasnya. (red)