Lahan Parado di Kelola Perusahaan, DPR Bima: Kita Tidak Anti Investasi dan Welcome dengan Investasi -->

Iklan 970x250px

Lahan Parado di Kelola Perusahaan, DPR Bima: Kita Tidak Anti Investasi dan Welcome dengan Investasi

Minggu, 19 Januari 2020

Bima, Incinews.netKabupaten Bima melalui Komisi III melalukan monitoring dan evaluasi (monev) keberadaan PT. Pelita Insan Timur yang saat ini sedang berproses untuk melalukan investasi pembukaan tambak dan pembangunan resort di kawasan Dusun Woro Desa Paradowane Kecamatan Parado Sabtu, (18/1/2020)

Monev ke lokasi tersebut merupakan tindaklanjut Komis III atas aspirasi masyarakat yang mengadukan berbagai hal terkait keberadaan perusahaan tersebut.

Dalam Monev tersebut Komisi III hadir bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Pariwisata.

Melaui Monev langsung ke lokasi, Komisi III ingin memastikan bahwa investasi dalam bentuk apapun di bagian wilayah manapun di Kabupaten Bima yang utama adalah dapat memberi kontribusi yang nyata bagi masyarakat sekitar,  mendorong pergerakan ekonomi rakyat, berkontribusi bagi PAD dan tidak merusak lingkungan dan alam.

"Kita tidak anti investasi. Kita bahkan sangat welcome dengan investasi. Tapi kita harus pastikan apa kontribusi nyata kehadiran mereka bagi daerah dan masyarakat kita, itu yang utama", tegas Ketua Komisi III Edy Muhlis,S.Sos dihadapan Kepala Desa, penanggung jawab lapangan perusahaan dan masyarakat di sekitar lokasi.

Senada dengan Edy, Wakil Ketua Komisi III Firdaus,SH juga menegaskan sebagai wakil rakyat yang utama bagi DPRD adalah menjamin dan memastikan kepentingan dan kesejahteraan rakyat tidak terganggu dengan kehadiran investasi. "Kami hadir disini untuk melihat langsung aktivitas perusahaan ini.sekaligus menggali informasi tentang kehidupan dan keadaan saudara saudara kita di wilayah ini", jelasnya.

Dari informasi yang diperoleh di lapangan ada 96 hektar lahan yang akan digunakan oleh perusahaan tersebut, 45 hektar direncanakan untuk pembangunan tambak dan sisanya untuk membangun resort.Jalur jalan dari Desa Paradowane menuju ke lokasi sudah dibuka jalan yang membelah gunung,  sepanjang jalur yang dilewati banyak pohon kemiri dan pohon lainnya yang sudah ditebang. 

Komisi III akan mengundang manajemen perusahaan untuk diklarifikasi berbagai hal terkait operasioanl perusahaan tersebut termasuk mempertanyakam komitmen dan tanggung jawab sosialnya bagi masyarakat sekitar dan daerah.

Rombongan Komisi III yang hadir ke lokasi tersebut :
1. Edy Muhlis.S.Sos - Ketua
2. Firdaus.SH - Wakil Ketua
3. Ibnu Hajar.SH - Anggota
4. Dedy.MT - Anggota
5. Supardi - Anggota
6. Musmulyadin.SH - Anggota
7. H. Sirajudin - Anggota
(inc)