Edy Muhlis Dukung Kerja “AMAN” Daerah Bima

Iklan 970x250px

Edy Muhlis Dukung Kerja “AMAN” Daerah Bima

Tuesday, December 24, 2019


Bima,Incinews.Net- Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah Bima,  menyelenggarakan pelatihan “ Pemetaan Partisipatif  Wilayah Adat”. Bertempat di Pasanggrahan Wawo, Desa Maria Kecamatan Wawo. Pada Minggu (22/12).

Peserta kegiatan terdiri dari keterwakilan Komunitas Adat Anggota AMAN dari Bima dan Dompu, tokoh Adat, Pemuda Adat dan Perempuan Adat Wawo.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bima, Edy Muhlis, S.Sos, membuka secara resmi kegiatan tersebut. dalam sambutanya, Edy Muhlis menyampaikan, komitmenya selaku anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima untuk membuat Peraturan Daerah (Perda). “ Kita akan terbitkan Perda Inisiatif tentang Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat”, ungkapnya.

Tidak hanya itu, Duta Partai Nasdem tersebut, juga akan berjuang mengalokasikan Anggaran lewat aspirasi Dewan, sebagai operasional AMAN Daerah Bima, sekaligus memperlancar perjuangan dalam mendampingi masyarakat adat, ujar Edy.

“Saya harapkan pelatihan ini, mampu menciptakan kader Aman yang terus mendampingi komunitas masyarakat Adat untuk memetakan wilayah adatnya masing – masing”, kata edy.

Sedangkan Ketua BPH. AMAN Daerah Bima, Ayaturahman, S.Pd, mengatakan kegaitan Pelatihan didukung penuh oleh PB AMAN, dengan tujuan agar peserta setelah usai pelatihan dapat memetakan wilayah adatnya serta menciptkan kader yang akan bekerja untuk memetakan wilayah adat di komunitas anggota Aman, jelasnya. 

Hal senada juga dijelaskan oleh Ade (Ketua Pemuda Adat Daerah Bima dan OKK AMANDA Bima) dalam pernyataannya ketika ditemui Tim di lokasi pelatihan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Komunitas Anggota AMAN selain menciptakan Kader Pemetaan yang akan bekerja untuk memetakan Wilayah Adat di Komunitas juga membantu dalam Proses Pemdokumentasian Komunitas Adat, Karena AMAN Daerah Bima juga mendapatkan Surat Perintah Tugas dari PB AMAN untuk melaksanakan Pendokumentasian Komunitas Adat di Daerah Bima sesuai Hasil MOU AMAN Dengan KEMENDIKBUD RI" jelas Ade.(Inc)