Babinsa Songgajah Bantu Warga Terdampak Banjir

Iklan 970x250px

Babinsa Songgajah Bantu Warga Terdampak Banjir

Monday, December 30, 2019
 Babinsa Desa Songgajah Kecamatan Kempo, Serma Irwan saat membantu warga terdampak banjir, Minggu (29/12/2019).

Dompu,incinews.net - Banjir bandang kembali melanda Desa Songgajah dan Desa Tolokalo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, Minggu (29/12/2019) sekitar pukul 15.10 sore.

Banjir itu terjadi akibat derasnya curah hujan yang mengguyur di dua Desa tersebut selama kurang lebih 45 menit mulai dari pukul 14.20 s/d 15.05 Wita. Akibatnya, kedua kantor Desa dan sejumlah rumah warga terendam banjir sekitar 1 meter.

Sungai buatan yang ada di Dusun Ruhu Ruma serta parit yang ada Desa Songgajah maupun Desa Tolokalo tidak dapat mengatasi besarnya debit air yang ada.

Akibatnya, sebagian besar air muluap ke jalan raya lintas Calabai Dompu yang mengakibatkan arus lalu lintas sempat terganggu dan antrian sepanjang 2 km. Selain arus air yang deras ditambah dengan banyaknya tumpukan sampah dan potongan kayu yang dibawah arus air.

Tak lama kemudian, Babinsa Desa Songgajah, Serma Irwan bersama Babinkamtibmas Desa Songgajah Brigadir I. Komang Juniarta tiba dilokasi banjir. Didampingi Kades Songgajah M. Noor Karim membantu warga membersihkan beberapa tumpukan sampah yang tertumpuk di jalan raya maupun di selokan.

Tujuannya, agar aliran air dapat berjalan dengan lancar serta membantu beberapa rumah warga yang barangnya terendam banjir terutama rumah.

Sekitar pukul 16.10 sore debit air banjir itu mulai berkurang sehingga jalan raya lintas Calabai Dompu dapat dilalui kembali oleh kendaraan seperti biasa. Sedangkan puluhan rumah warga baik di Desa Songgajah maupun Desa Tolokalo masih terendam banjir.


Saat ini masing-masing warga berusaha mengurangi debit air yang ada didalam rumahnya dengan menggunakan alat seadanya.

"Banjir Bandang kedua ini cukup besar dibandingkan yang pertama beberapa hari yang lalu," ucapnya. (inc)