Kapolda NTB Nana Sudjana Tegaskan Polisi Harus Profesional

Iklan 970x250px

Kapolda NTB Nana Sudjana Tegaskan Polisi Harus Profesional

Tuesday, November 12, 2019

Mataram,Incinews.net- Tujuh program prioritas Kapolri menjadi atensi yang selalu diserukan Kapolda NTB Irjen Pol Drs, Nana Sudjana AS, MM kepada personelnya. Hal itu disampaikannya kembali saat memimpin apel pagi tadi, Senin (11/11) di lapangan Gajah Mada Polda NTB.

Program prioritas pertama yaitu mewujudkan SDM yang unggul, kata Irjen Nana Sudjana, bahwa ini merupakan kebijakan dari pemerintah untuk tahun 2020 nanti diharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia disegala bidang termasuk di Kepolisian.

“Kepolisian ini harus betul – betul profesional, harus mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokoknya,” ujarnya.

Peningkatan SDM Polri menurutnya, dengan terus meningkatkan pelatihan – pelatihan dengan mengundang narasumber dari luar sesuai bidangnya masing – masing.

Selanjutnya ada penata kelembagaan yang sudah diaplikasikan pada Polres Mataram dan kini telah naik tipe menjadi Polresta dengan pejabat Kapolresta berpangkat Komisaris Besar Polisi.

Ketiga ada pemantapan harkamtibmas yang diharapkan mampu menertibkan dan mengamankan masyarakat dari berbagai permasalahan yang ada, termasuk kriminalitas dan konflik sosial.

“Kita harus mampu mengkondisikan situasi kamtibmas di wilayah masing – masing,” lanjutnya.

Kemudian penekanan kepada fungsi reskrim dalam penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

Pemantapan manajemen media dianggap sangat penting saat ini karena dengan manajemen media yang baik akan meningkatkan citra Polri di masyarakat, termasuk meningkatkan sinergitas dengan wartawan.

“Saya harapkan hubungan kita dengan wartawan dan media ke depan jadi lebih baik,” sambungnya.

Berikutnya ada penguatan sinergi polisional, bagimana hubungan antar fungsi internal di kepolisian, mulai dari fungsi preemtif, prefentif dan represif dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyyarakat.

Terakhir, penguatan pengawasan internal yang diawaki Itwasda dan Propam juga harus diemban oleh unsur pimpinan mulai dari Kanit, Kasubdit hingga Direktur dalam memberikan pengawasan untuk meluruskan bila ada penyimpangan yang terjadi.

“Itu tujuh program prioritas Kapolri yang harus menjadi atensi bagi kita bersama dan harus kita tingkatkan lagi,” pungkasnya. (Inc)