Dibalik Penyerahan Bantuan "Bengkel Book" Oleh FPKT Kabupaten Bima

Iklan 970x250px

Dibalik Penyerahan Bantuan "Bengkel Book" Oleh FPKT Kabupaten Bima

Thursday, November 28, 2019

Bima,Incinews.Net- Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Bima,  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bengkel Book, sekaligus penyerahan bantuan 1 Paket Bengkel Book, di Aula Kantor Desa Dadibou Kecamatan Woha.Kamis (28/11).

Kegiatan tersebut turut hadir PJ Desa Dadibou, Karang Taruna Desa, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat.

Kabid Pendidikan dan Pengembangan SDM,  Salahuddin Al Ayyubi, menyampaikan bahwa Bengkel Book merupakan langkah dan upaya yang dilakukan oleh FPKT Kabupaten Bima untuk pembangunan sumber daya manusia yang berada di desa dalam meningkatkan pengetahuan, informasi, keterampilan sesuai potensi dan kapasitas yang di miliknya.

Dikatakanya, dengan memiliki kemampuan,  kecakapan dan wawasan yang luas serta keterampilan yang memadai dalam membentuk masyarakat pembelajar, diharapkan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di desa berdasarkan kearifan lokal sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat, terangnya. 

Salahuudin menjelaskan bahwa jumlah Desa di Kabupaten Bima 191. Desa Dadibou Kecamatan Woha merupakan salah satu  desa penerima bantuan Bengkel Book "Program Pemberdayaan Ekonomi Kreatif berbasis Inklusi Sosial"dari FPKT Kabupaten Bima.  Hal ini untuk memberikan motivasi kepada generasi untuk mengembangkan inovasi di Desa, sebagaimana amanah UU No 06 Tahun 2014, Katanya.

Sedangkan Ketua FPKT Kabupaten Bima, Irfan Dj S.H mengatakan Gerakan literasi "Bengkel Book", sebagai jembatan untuk mewujudkan masyarakat yg memiliki SDM unggul dari berbagai aspek, baik dibidang pendidikan.dan perekonomian, ujarnya.

"Mungkin dengan Adanya literasi Bengkel Book ini, sebagai roda pertumbuhan ekonomi dan mutu pendidikan . Artinya program ini harus dilaksanakan dengan maksimal dantidak terlepas  peran serta tokoh elemen masyarakat, dengan terus melakukan gerakan literasi secara kontiyu", Kata Irfan. 

Disebutkan Irfan,misalnya ketika nantinya orang datang melakukan servis motor atau lainya, sambil menunggu  di servis maka sudah tersedia buku di bengkel dan langsung disajikan untuk dibaca, sambil menunggu pengerjaan selesai, jelasnya.

Irfan berharap Bengkel Book mampu melahirkan pemuda yang kaya akan karya yang kaya akan inovasi dan menjadi embrio percontohan bagi desa-desa lainnya yang berada di kabupaten bima lebih khususnya di Kecamatan Woha, tututpnya. 


Penyerahan Paket dilakukan oleh ketua FPKT Kabupaten Bima, kepada Pengurus karang Taruna Dadibou, yang disaksikan oleh PJ Kades, serta Sekertaris FPKT dan Bendahara Umum. (inc)