Incinews.net
Minggu, 20 Oktober 2019, 01.02 WIB
Last Updated 2019-10-19T17:02:36Z
HeadlineKesehatan

Politeknik Medika Farma Husada Mataram Masuk 100 Kampus Terbaik Nasional


Mataram,Incinews.Net- Politeknik Medika Farma Husada (PMFH- Mataram) masuk 100 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik Nasional yang dikeluarkan oleh Direktoral Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RISTEKDIKTI) Tahun 2019.

Direktur Politeknik MFH Syamsuriansyah MM,.M.Kes mengungkapkan, Berdasarkan hasil pengumuman  klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019, PMFH Mataram berhasil masuk nominasi 100 besar perguruan tinggi vokasi terbaik. 

"Politeknik Medika Farma Husada (PMFH- Mataram) berada pada urutan ke 78 dari  4996 PTN dan PTS  se-Indonesia,"sebut Syamsuriansyah, minggu, (19/10/2019) malam, melalui WhatsApp.

Syamsuriansyah menduga salah satu dari beberapa kriteria yang dijadikan sebagai instrumen untuk meranking adalah keberadaan PMFH Mataram terus membangun Kerjasama dengan sejumlah kampus di luar negeri.

"kampus kita sendiri telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi ternama dalam negeri bahkan luar negeri, baik itu Malaysia, Singapura Thailand,"ungkapnya.

"Hal tersebut diduga menjadi pintu pembuka sebagai satu keunggulan bahwa PMFH Mataram ini dianggap sebagai kelebihan dibanding yang lain,"katanya.

Sebenarnya, sambung pria kelahiran Bima Madapangga ini, Perguruan Tinggi (PT) swasta di NTB banyak yang hebat Namun mungkin karena beberapa PT itu kerjasama dan pertukaran pelajar mahasiswa asingnya kalah  dibanding PMFH Mataram, sehingga ranking PMFH Mataram  lebih unggul. “Saya merasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pencapaian yang telah diraih hari ini dan tidak lupa kami akan terus menjadikan tolak ukur setiap kekurangan untuk menjadikan politeknik MFH kedepan semakin meningkat dengan sejumlah prestasi yang diraih.”Tuturnya.

"Pada prinsipnya pencapaian hari tersebut, akan menjadikan acuan serta motivasi kepada seluruh Civitas Akademika untuk terus meningkatkan kinerja kami kedepannya, hal ini tidak saja pada bidang kemahasiswaan, melainkan pada seluruh kinerja,"tambahnya.

Sementara, secara terpisah, Kepala L2DIKTI Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa,M.Si Membenarkan atas masuknya Politeknik MFH Mataram pada nominasi 100 besar Perguruan Tinggi Vokasi dengan urutan ke 78 dari 4996 PTN dan PTS Se-Indonesia, PMFH Mataram merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di NTB yang masuk nominasi, ini prestasi yang sangat luar biasa. "Apa yang  telah dicapai oleh Politeknik MFH hari ini tentunya agar dapat memicu bagi sejumlah Perguruan Tinggi lain agar intens melaporkan data kegiatan mahasiswanya karena semakin banyak kegiatan kemahasiswaan yang dilaporkan ke sistem Dikti secara online maka semakin tinggi perguruan tinggi di NTB ini untuk bisa masuk nominasi peringkatan kinerja kemahasiswaan," terangnya

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penilaian sendiri, murni kerja sistem yang  sifatnya independensi bekerja 24 jam menerima laporan kegiatan kemahasiswaan yang dapat dibuktikan dengan berbagai kegiata kemahasiswaan, selain itu, juga setiap perguruan tinggi wajib melaksanakan kegiatan kemahasiswaan dan tridharmanya atau berupa hasil karya dosen dan  mahasiswanya dalam bentuk kegiatan apapun  sebagai dasar penilain.


"Saya sangat mengapresiasi bahkan akan terus mendorong agar Politeknik MFH dan sejumlah perguruan Tinggi lainya terus berimprofisasi melalui peningkatan tridharma berupa riset atau sejumlah hasil karya melalui kegiatan Kemahasiswaan agar dilaporkan dan terdata langsung  oleh Dikti sehingga dapat dinilai oleh kementrian melalui  kerja sistem seperti sekarang ini, ” pungkasnya. (Inc)