Ditingkat Nasional Pelajar NTB Kembali Ukir Prestasi -->

Iklan 970x250px

Ditingkat Nasional Pelajar NTB Kembali Ukir Prestasi

Minggu, 20 Oktober 2019

NTB, Incinews.Net- Provinsi NTB kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini, prestasi membanggakan diraih oleh Syarifah Fatimah Nissatuljannah SB (Nisa) dan Muhammad Farid Andika (Farid). Dua pelajar SMA 1 Sumbawa ini mempersembahkan Juara 1 Nasional di bidang Matematika Sains dan Teknologi, pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun 2019.

Hal itu disampaikan oleh pendamping mereka, Erna Dewi, S.Pd, Sabtu (19/10/2019). Menurut Erna Dewi, pencapaian dua pelajar SMA 1 Sumbawa ini dimulai dari pengajuan proposal penelitian di bulan April 2019. Keduanya mengusung penelitian berjudul "NOWS (Natural Oil/Water Separator), pembersih tumpahan minyak di air berbahan serat biduri (Calostropis gigantea L)".

Mereka mewakili Indonesia pada ajang Lomba Penelitian South Easth Asia Matematic Education Organization (SEAMEO), di Jakarta. Lomba tersebut diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bekerja dengan Lembaga Pendidikan Asia Tenggara.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat menerima Syarifah dan rekan-rekannya, di Pendopo Gubernur, Minggu (14/10/2018) mengemukakan harapannya agar prestasi semacam ini bisa dijadikan inspirasi bagi para pemuda dan pendidik di NTB. Gubernur berharap, seluruh sekolah di NTB ini dapat berpacu, meningkatkan prestasi. Sehingga siswa NTB yang memiliki kemampuan dan prestasi hebat dapat diikutkan di berbagai lomba di tingkat dunia.

"Kepala sekolah harus mampu menemukan bibit-bibit berprestasi di NTB ini," ujar Gubernur di hadapan kepala sekolah dan pembina siswa tersebut. (Inc)