Pilkades Jambu Mulai Memanas, BPD Diminta Netral -->

Iklan 970x250px

Pilkades Jambu Mulai Memanas, BPD Diminta Netral

Minggu, 08 September 2019
Ketua Umum Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Jambu, Yusuf.

 Dompu,incinews.Net -Pasca salah satu bakal calon Kepala Desa (Cakades) Jambu dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh panitia, suasana politik di desa setempat kini mulai memanas.

Ketua Umum Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Jambu, Kabupaten Dompu Yusuf., Minggu (08/09/2019) mengingatkan agar panitia Pilkades dan BPD setempat saling bersinergi serta memiliki pemahaman yang sama dalam menciptakan suasana kondusif ditengah masyarakat.

Katanya, semua berkas bakal Cakades telah dilakukan pemeriksaan, penelitian dan klarifikasi oleh panitia. Dari 7 orang Bakal Cakades yang sudah mendaftar, terdapat 1 orang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Saat ini panitia Pilkades Jambu sudah meneruskan pemberkasan hasil pemeriksaan, penelitian dan klarifikasi tersebut. Seluruh berkas yang Memenuhi Syarat (MS) sudah disampaikan panitia kepada BPD untuk diteruskan kepada Bupati melalui Camat sebanyak 6 orang bakal Cakades.

Sementara BPD Desa Jambu melanjutkan semua berkas 7 orang bakal Cakades yang MS dan TMS itu sampai di tingkat Kabupaten. Padahal yang harus diteruskan ke tingkat kabupaten adalah bakal Cakades yang lolos administrasi sebanyak 6 orang.

"Hasil diskusi dan keterangan beberapa masyarakat. Kuat dugaan adanya keterlibatan oknum anggota BPD dalam mengintervensi proses ini. Adanya perbedaan keputusan antara panitia Pilkades dan BPD membuat kegaduhan dan berpotensi membuat instabilitas di desa. Ini semata-mata karena ulah oknum BPD," ungkap Yusuf.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat desa setempat untuk secara bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan selama proses pelaksaan Pilkades serentak ini.

"Kita satukan pandangan untuk menciptakan suasana kondusif selama tahapan pilkades di desa berlangsung. Mari kita melaksanakan tugas masing-masing tanpa mengintervensi tugas yang lain," ujarnya. (inc)