Persiapkan SDM Berdaya Saing Global, Kampus PMFH Mataram Teken Kerjasama Luar Negri -->

Iklan 970x250px

Persiapkan SDM Berdaya Saing Global, Kampus PMFH Mataram Teken Kerjasama Luar Negri

Senin, 09 September 2019

Mataram, incinews.net- Politeknik Medika Farma Husada Mataram (PMFH-Mataram) menggelar penandatanganan Kerjasama dengan 3 Perguruan tinggi ASEAN di hotel berbintang Aruna Senggi Lombok Barat, Sabtu (7/)2019). Hal ini menjadi strategi sebagai kunci untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Ini untuk mempersiapkan SDM yang mampu bersaing secara global lewat pendidikan yang berkualitas.

Dalam rangka mempersiapkan SDM yang mampu bersaing secara global, maka dibutuhkan kerjasama antara dua Universitas  yang berkualitas. “Kerjasama ini sesuai dengan visi dan misi Politeknik Medica Farma Husada Mataram untuk menjadi World Class University. Sehingga Politeknik Medika Farma Husada Mataram berkomitmen membangun pendidikan yang bertaraf internasional dan bekerja sama dengan universitas dari berbagai negara yang sudah maju, diantaranya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi ternama luar negeri yaitu Kampus Picoms International College University Malaysia dan dua kampus lainnya dari  Filipina yaitu Arellano University dan Our Lady Fatima University," ujar Direktur Kampus PMFH Mataram Syamsuriansyah, S.Pd M.Pd MM.Kes, saat dimintai keterangan dan penandatanganan tersebut berlangsung disaat acara wisuda dan di ikuti sejumlah kampus di Indonesia dan disaksikan oleh orang tua ratusan peserta wisuda, senin (9/9/2019)

Syamsuriansyah menuturkan, kerjasama ini diharapkan dapat melahirkan para lulusan dari PMFH yang go lnternasional dengan Program  mampu bersaing secara global di tengah pasar bebas saat ini. ”Tak bisa dipungkiri, dengan adanya kerjasama ini Genarasi muda kita bisa merasakan atmosfer dunia pendidikan internasional. Dengan menggandeng Malaysia dan Filipina diharapkan kita dapat mengambil pelajaran dari kemajuan yang ada, “ujar dia.

Senada dengan Syamsuriansyah, Prof. Dr. Moch Nazil Bin Saleh mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Politeknik Medica Farma Husada Mataram mengingat PMFH-Mataran memiliki kredibilitas dan kualitas yang sangat baik di Indonesia. “Kami memilih bekerjasama bahkan tidak menutup kemungkinan kami akan mendirikan kantor perwakilan kami di kampus PMFH Mataram, karena kami sangat percaya pada kualitas dan kredibilitas kampus ini,” ujar dia.

Sementara Prof Jurell Nuevo, Dekan Fakultas Teknology Laboratorium Medis Our Lady Fatima University, program kerjasama pendidikan untuk mahasiswa International Program PMFH Mataram Unggul ini tak hanya antar sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, namun juga antar dua Negara yang tengah saling belajar. “Kami banyak belajar dari Indonesia mengenai bagaimana melakukan reformasi birokrasi dan Indonesia juga belajar mengenai teknologi, keduanya bisa saling melengkapi,”kata dia.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII, pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadapa Kampus Politeknik MFH Mataram. " Saya tidak banyak pesan kepada Politeknik karna saya tahu bagaimana progressnya di kancah International, dengan itulah saya memberikan rekonmendasi perubahan namanya menjadi POLITEKNIK INTERNASIONAL MATARAM INDONESIA". ketanya.

Selain itu, Prof I Nengah Dasi Astwa, memberikan pujian atas  langkah seribu yang diambil oleh Direktur Politeknik MFH, yang mana katanya, direkturnya memiliki kemampuang strong leadership sehingga mampu membawa perubahan signifikan pada kampusnya.

Saat ini, PMFH Mataram International Program telah bekerjasama dengan tiga universitas terkemuka di Malaysia, Picom International university College Malaysia bidang Farmasi dan Teknologi Lab Medik, Our Lady Fatima University pada bidang Teknologi lab medik dan Rekam medik dan informasi Kesehatan, dan Arrelano University untuk semua program studi. International Program Politeknik MFH Mataram Unggul telah menyiapkan 3 program, yaitu Joint Degree dimana mahasiswa dapat mengikuti kuliah di Politeknik MFH dan 2
 di Malaysia dan Filipina. Selain itu, Kata Pria yanh akrab disapa Muka Dhena itu pihaknya bersedia juga, Double Degree, pada program ini mahasiswa mendapatkan gelar sarjana baik dari PMFH maupun Universitas mitra PMFH di Malaysia, Filipina dan sejumlah negara lainnya kedepan.

Nafi Aldy, jauh menjelaskan, Sedangkan International Class, mahasiswa dapat mengikuti kuliah di PMFH namun perkuliahan berbasis International Class. Mahasiswa di International Class memiliki kesempatan untuk merasakan atmosfer internasional dengan mengikuti pertukaran pelajar, internship di luar negeri dan kegiatan camp yang diadakan oleh partner universitas di luar negeri. "Intinya kuliah di dalam negeri tapi “rasa” luar negeri,” ungkap Nafi Aldy salah satu lulusan Cumlaude yang pernah merasakan kuliah di Unisel Malaysia tahun lalu.

Semetara untuk ketiga program tersebut, mahasiswa/i program internasional akan diberikan pembekalan bahasa seperti kelas Bahasa Inggris selama 4 semester dan English Club. "Sehingga ketika lulus mahasiswa diharapkan dapat menguasai  bahasa pengantar dan dapat bersaing di mancanegera. Selain dengan Filipina, Kampus Internasional PMFH Mataram juga menggalang kerjasama dengan Malaysia, Korea dan Negara- negara ASEAN,". (Inc)