Bau Sampah Bantaran Sungai Silo Menyengat, Warga Terkena Penyakit -->

Iklan 970x250px

Bau Sampah Bantaran Sungai Silo Menyengat, Warga Terkena Penyakit

Rabu, 11 September 2019

Dompu,incinews.net- Sejumlah anak-anak dan warga yang tinggal disekitar bantaran sungai Silo Kampo Samporo, Lingkungan Bali Satu, Kabupaten Dompu mulai diserang berbagai macam penyakit.

Hal itu terjadi diduga akibat dari bau sampah yang dibuang sembarang oleh oknum pedagang pasar bawah di bantaran sungai yang sudah menumpuk hingga mengeluarkan aroma tak sedap.

"Akibat bau sampah yang menyengat penyakit mudah menyerang anak-anak dan warga disekitar. Mulai dari flu, gatal-gatal, demam berdarah, malaria, kurang selera makan hingga tidak nyaman istrahat," ungkap Ketua Komunitas Sarangge Dompu, Andi Hermawan., Rabu (11/09/2019).

Soal penanganan sampah di bataran Sungai Sori Silo itu, Ia menuding Pemerintah Kabupaten Dompu sejauh ini belum serius menanggapi.

Padahal mereka beberapa kali mengelar aksi demo, memberikan konsep tata cara mencegah dengan membuatkan pagar minimal 2 meter dipinggir sungai, normalisasi pelebaran untuk melancarkan arus air, pendidikan karakter masyarakat mengolah sampah dan tegas kepada pedagang untuk mentaati los masing-masing yang sudah tersedia. (inc)