Balmon : "Pungut Sampah, Dapat Hadiah" -->

Iklan 970x250px

Balmon : "Pungut Sampah, Dapat Hadiah"

Minggu, 22 September 2019

Mataram, Incinews.Net- Inci peserta yang mengumpulkan sampah terbanyak, akan diberikan hadiah menarik. "Maka sambil jalan pungutlah sampah, dikumpulkan di panitya dari Balai Monitoring (Balmon) Spektrum Frekuensi Kelas II Mataram Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, nanti hadiahnya ambil disini", ujar MC Udin sedunia melalui microphone pada pembukaan inspiratif expo yang diawali senam bersama dan gerak jalan sehat serangkaian kegiatan memperingati Hari bakti Postel ke 74, Minggu (22/9-2019).

Dalam acara yang digelar saat Car Free Day di Jalan Udayana Mataram tersebut, Balmon menggelar agenda unik yaitu pengumpulan sampah. Pengumpulan ini dilakukan selama acara jalan sehat berlangsung. Nantinya, Pengumpul sampah terbanyak mendapatkan hadiah door prize menarik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari mensukseskan program zero waste. Dengan mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik secara individu dan kelompok.

“Ini dapat memberikan edukasi sekaligus mencontohkan langsung program Zero Waste,” tutur Kepala Balmon NTB , I Komang Sudiarta. Hadir melepas gerak jalan pada acara tersebut, Wakil Gubernur NTB, Dr Hj.Siti Rohmi Djalillah M.Pd. didampingi Direktur Operasi Sumber Daya Kemenkominfo RI, Dr. Dwi Handoko dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Gde Putu Aryadi, S.Sos.MH.

Disisipkannya kampanye Zero Waste di dalam acara ini disambut baik oleh peserta. Seperti  diakui Yuyun Erma Kutari salah seorang peserta asal Sumbawa. Gadis yang akrab disapa Yuyun ini mengaku antusias dengan agenda pengumpulan sampah tersebut. Selain dapat hadiah, ternyata sampah juga bisa mendatangkan berkah ekonomi jika diolah, ungkapnya.

Baginya sebagai anggota komunitas, maka informasi yang didapat pada acara ini, akan dapat menjadi kontribusi awal untuk mengenalkan Zero Waste, untuk membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat.
"Zero Waste sebenarnya adalah kesadaran untuk mengubah prilaku untuk menjalani gaya hidup bersih. Ini adalah pekerjaan yang tidak mudah, tapi pelan-pelan pasti bisa terwujud,” tuturnya.
Sebagaimana dimaklumi pemerintah Provinsi NTB belakangan ini sangat intens mengkampanyekan program zero waste untuk NTB Gemilang. Beragam cara dilakukan demi mendukung terwujudnya program NTB Zero Waste di tahun 2023. Dari kampanye melalui berbagai pamphlet, iklan layanan masyarakat, hingga sosialisasi yang dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menyisipkan kampanye zero waste dalam pembagian hadiah door prizes. (Inc)