Incinews.net
Rabu, 21 Agustus 2019, 13.54 WIB
Last Updated 2019-08-21T05:55:55Z
HeadlinePendidikan

Jadi Ketua Komite SMAN 1 Dompu, Iwan Sakral Pancarkan Energi Baru

Ketua Komite Iwan Sakral SH bersama Kepsek SMAN 1 Dompu M Ichsan S.Pd dan Wakasek, Surya Dharma S.Pd.

Dompu,incinews.Net- Iwan Sakral, SH terpilih sebagai Ketua Komite SMA Negeri 1 Dompu yang baru. Nama jurnalis senior yang sudah belasan tahun malang melintang di dunia pendidikan Dompu ini mengkerucut sebagai Ketua dalam rapat yang dihadiri lebih kurang 800 orang tua dan wali murid di sekolah yang bergengsi itu.

Rapat yang dipimpin Kepsek SMAN 1 Dompu, M Ichsan S.Pd tersebut sebelumnya
membahas program sekolah dan prestasi-prestasi siswa di sekolah favorit itu. Terjadi juga usul saran dan pertanyaan-pertanyaan dari sejumlah orang tua dan wali murid yang hadir.

Di kepengurusan Komite yang baru ini. Selain Iwan Sakral, juga masuk sejumlah nama-nama besar tokoh pendidikan Dompu Seperti Drs Arifudin, Syamsudin S.Pd, Chaidir B Ahmad SSos, Faris, S.Pd, Dedi Kusnadi dan sejumlah tokoh pendidikan lainnya.

Kepsek SMAN 1 Dompu, M Ihsan pada sejumlah wartawan usai pelantikan pengurus Komite yang baru menyebutkan bahwa, ia sangat berharap adanya sinergisitas antara sekolah dan Komite agar bisa berjalan dengan baik terutama dalam menjadikan SMAN 1 Dompu sebagai leader dalam hal mutu dan kualitas pendidikan.

‘’Peran Komite sangat penting. Apalagi Komite adalah perwakilan dari hampir 1000 orang siswa didik di SMAN 1 Dompu,’’ ujar Ihsan yang didampingi Wakasek Kurikulum Surya Dharma S.Pd.

Senada disampaikan Ketua Komite, Iwan Sakral SH. Menurut Pimpinan Media Koran Pagi ini, Komite Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah bukan hanya sekadar menggalang dana.

"Komite Sekolah juga harus bisa memastikan kualitas pendidikan di sekolah baik dan meningkat,” ujar Iwan pada sejumlah awak media.

Dikatakannya, dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) disebutkan bahwa Komite Sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Komite Sekolah juga bertugas memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait: kebijakan dan program Sekolah; Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS); kriteria kinerja Sekolah; kriteria fasilitas pendidikan di Sekolah; dan kriteria kerja sama Sekolah dengan pihak lain.

“Termasuk juga pengawasan kinerja sekolah, serta menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua/wali, dan masyarakat,” kata Iwan.

Ia berharap, Komite Sekolah yang dinahkodainya ini bisa memberikan energi baru secara nyata dalam usaha menjadikan SMAN 1 Dompu terbaik dan tetap nomor satu dalam segala aspek.

“Insya Allah, karena para pengurus ini rata-rata tokoh pendidikan yang sudah berpengalaman. Saya rasa komitmen kita semua akan sama. Yakni berusaha dengan segala cara agar sekolah kebanggaan ini benar-benar menjadi tempat terbaik,’’ tutup Iwan Sakral. (inc)