Incinews.net
Rabu, 07 Agustus 2019, 15.00 WIB
Last Updated 2019-08-07T07:02:02Z
HeadlinePemerintahSosial

Bertahun-tahun Petani Menjerit, HBY Didesak Perbaiki Bendungan So Manggekalo

Kondisi bendungan irigasi so Manggekalo yang berlokasi di Desa Mangge Asi jebol akibat diterjang banjir bandang tahun 2017 lalu. Hingga saat ini belum diperhatikan pemerintah setempat.

Dompu,incinews.Net -Direktur eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Insan Cita Institute (ICI) Kabupaten Dompu menyoroti soal rusaknya bendungan irigasi petani so Manggekalo yang terletak di jalur sungai Rahalayu tepatnya di Desa Mangge Asi yang jebol akibat diterjang banjir bandang 3 tahun lalu.

Ia mendesak agar Bupati Dompu H Bambang M Yasin segera memprioritaskan anggaran untuk perbaikan bendungan irigasi petani tersebut mengingat pemerintah saat ini sedang merancang Kebijakan Umum Anggaran(KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD tahun anggaran 2020 untuk dibahas bersama dengan DPRD Kabupaten setempat.

"Ini sangat menyedihkan, Bupati harus segera memperbaiki bendungan itu sebagai upaya menyelamatkan petani. Bayangkan selama 3 tahun lamanya bendungan tersebut rusak dan tidak bisa dimanfaatkan, selama itu pula petani kesulitan mendapatkan air untuk mengairi lahan pertaniannya," cetus pria yang biasa disapa Bdel ini, Rabu (07/08/2019). (inc)