Kembali Lakpesdam PCNU Bima Gandeng Sejumlah Instansi Layani Masyarakat Desa Oi Bura Tambora -->

Iklan 970x250px

Kembali Lakpesdam PCNU Bima Gandeng Sejumlah Instansi Layani Masyarakat Desa Oi Bura Tambora

Selasa, 30 Juli 2019

Bima, Incinews.Net- Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima, kembali melakukan pelayanan Terpadu di Desa Oi Bura Kecamatan Tambora dengan menggandeng Pengadilan Agama Bima, Kementerian Agama Kabupaten Bima dan Pemda Bima lewat Dinas Dukcapil Kabupaten Bima. Pada (30/7/2019).

Kegiatan Pelayanan Terpadu berupa Itsbat Nikah dalam rangka pembuatan Buku nikah dan akta kelahiran anak. Juga dirangkaikan dengan pelayanan pembuatan identitas kependudukan lainnya oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bima berupa foto KTP, pembuatan KK, Akta Kelahiran dan dokumen kependudukan lain.


Kegiatan isbad Nikah dan lainya demi jawaban atas kebutuhan warga Desa Oi Bura yang selama ini terkendala jarak ruang dan terlampau jauh dari lokasi Instansi Publik seperti PA dan Dukcapil. Selain itu, warga pun enggan mengurus identitas hukum mereka karena anggapan birokrasinya berbelit-belit dan berbiaya mahal. Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima hadir untuk mengatasi problem semacam itu, Ujar Rahmad Hidayat, S. Sos.,M.A. Selaku Project Officer (PO) Program Peduli.

Kegiatan yang berpusat di Kantor Desa Oi Bura tersebut, mengesahkan 29 pasangan pernikahan atau suami-istri sekaligus menerbitkan ratusan dokumen kependudukan bagi warga desa, Jelas Rahmad Hidayat.

"Pelayanan akan berlanjut hingga esok, Rabu 31 Juli 2019 di kantor Camat Tambora untuk pelayanan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tambora yang ingin mengurus identitas kependudukannya", Kata Rahmad.

Selama ini, mereka kesulitan untuk mendapatkan Akte anak dan dokumen kependudukan lain, lantaran tidak memiliki Buku nikah, atas dasar itu, melalui Program Peduli, kami dari Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu untuk meringankan beban masyarakat Oi Bura, Terang Agus Riawan, S.Pd, selaku Community Officer (CO) Program.

"Mudah-mudahan di tahun berikutnya kami dapat melakukan kegiatan yang sama untuk desa-desa lain di Kecamatan Tambora", Tutup Agus. (Inc)