Incinews.net
Senin, 11 Maret 2019, 20.26 WIB
Last Updated 2019-03-11T12:26:49Z
DompuMangge Asi

Didukung Warga, Desa Mangge Asi Siap Deklarasikan 5 Pilar STBM

Nampak Plt Kades Mangge Asi, Kabupaten Dompu, Akshan SH beserta rombongan Puskesmas Dompu Kota melakukan peninjauan kondisi kebersihan lingkungan di Desa setempat, Senin (11/03/2019).

Dompu,incinews.Net - Upaya mempercepat pola kehidupan masyarakat desa yang bersih dan sehat. Pemerintah desa Mangge Asi, Kabupaten Dompu NTB siap mendeklarasikan 5 (lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang direncanakan pada Rabu (13/03/2019).

Rencananya, deklarasi 5 pilar STBM yang digelar dihalaman Kantor Desa setempat itu akan dihadiri tim dari dua pemerintah provinsi yakni pemerintah provinsi NTB dan NTT. "Alhamdulillah dukungan dan antusias warga dalam mensukseskan deklarasi ini sangat tinggi," ucap Plt Kepala Desa Mangge Asi, Akshan SH., Senin (11/03/2019).

Menurutnya, cara pandang dan pola kehidupan warga Desa Mangge Asi kini dinilai selangkah lebih maju. Hal itu dapat dilihat dari perilaku kehidupan mereka yang kini sudah tidak lagi membuang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun serta sudah mampu mengelola air minum dan makanan rumah tangga dengan baik.

Tak hanya itu, warga juga nampak sudah tidak lagi membuang sampah rumah tangga sembarangan serta bisa melakukan pengamanan limbah cair rumah tangga.

"Kini warga sudah dapat mewujudkan lingkungan yang sehat. Semoga dapat terus dipertahankan dengan terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," harapnya.

Untuk mensukseskan deklarasi 5 pilar STBM yang rencananya dihadiri tim pemerintah provinsi NTB dan NTT itu, pihaknya berharap dukungan dari semua pihak terutama masyarakat dan pemuda Desa setempat. "Dukungan dan partisipasi semua pihak terus kami harapkan," ujarnya. (inc)