Incinews.net
Sabtu, 23 Maret 2019, 09.31 WIB
Last Updated 2019-03-23T01:31:58Z
BimaPemda

Bupati: Perencanaan Desa Harus Selaras Dengan Daerah



Bima,Incinews.Net- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, di aula Hotel Mutmainah, secara khusus memberikan apresiasi atas dukungan Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) Bima, bagi peningkatan kapasitas aparat Desa, di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima. Jum’at (22/3).

Pembukaan Bimbingan Teknis penyusunan RPJM Desa dan diikuti 160 peserta, dari unsur pembina teknis Pemdes dan pendamping desa,  para Kepala Desa dan Ketua BPD dari 53 desa yang dilantik.

Bupati yang pada kesempatan tersebut, juga memaparkan tentang Kebijakan Prioritas Pemerintah Daerah, dalam Penanggulangan Kemiskinan, mengingatkan para Kades akan pentingnya data pembangunan.

 "Akurasi data desa sangat menentukan pelaksnaaan program di Desa”, ungkapnya.

Dijelaskan Bupati, Misalnya Data infrastruktur, seperti kondisi dan status jalan agar aspirasi dan harapan masyarakat dapat dijelaskan",Katanya.

Menyinggung pentingnya dokumen RPJMDes, Bupati mengungkapkan bahwa  sejalan dengan amanat pasal 79 ayat 1 dan ayat 2 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Bupati mengingatkan agar pemerintah desa harus menyusun perencanaan pembangunan desa sesuai dengan kewenangannya, dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten Bima,Terang Bupati.

"Dokumen ini penting, untuk memastikan agar pembangunan desa dapat berjalan dengan baik, terencana, terkoordinasi serta sesuai dengan kondisi masyarakat dan wilayah desa yang bersangkutan",Tegasnya.(inc)