Incinews.net
Kamis, 21 Februari 2019, 15.03 WIB
Last Updated 2019-02-21T07:03:38Z
BimaDisnakertrans kabupaten BimaTKI

Keberadaan LTSA Bima, Diharapkan Tingkatkan Pelayanan dan Perlindungan Bagi TKI


Bima,incinews.Net- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Meresmikan Layanan Terpadu Satu Atap Perlindungan Pekerja Migran Indonesia  (LTSA-PPMI) Kabupaten Bima. Pada Rabu (20/2).

Hadir Staf Ahli Kementerian Ketenagakerjaan Irianto Simbolon, SE, MM, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Imigrasi Bima, Kepolisian,  Staf Ahli Gubernur NTB Ir. H. Suwaid, MT serta para pejabat lingkup Pemda Bima.

Irianto Simbolon menyampaikan bahwa dengan diresmikanya pembangunan gedung LTSA – PPMII ini merupakan salah satu prestasi yang luas biasa bagi pemerintah Kabupaten Bima dalam rangka memberikan pelayanan terhadap warga masyarakat maupun para imigran yang ingin melakukan pencari kerja keluar negeri, sehingga dengan pelayanan tersebut maka para TKI nantinya tidak akan mengalami kesulitan selama di luar negeri dalam mencari pekerjaan,ungkapnya.

“Dengan terbentuknya LTSA – PPMI di Kabupaten Bima ini, lanjutnya maka pekerjaan sebenarnya baru saja dimulai dan masih banyak tantangan kedepan yang harus kita hadapi guna merealisasikan kehadiran Negara dalam memberikan perlindungan kepada pekerja migrant Indonesia dan anggota keluarganya sejak sebelum bekerja, masa bekerja dan setelah kembalinya bekerja”,Katanya.

 Oleh karena itu komitmen pemerintah tidak hanya untuk melindungi hak – hak para pekerja migrant . dan sampai saat ini sudah terbentuk total 31 LTSA di Indonesia yang terbentuk dalam kurun waktu tahun 2015 s.d 2018. Tahun 2018 sudah dibentuk 9 lokasi LTSA dimana telah melengkapi 5 LTSA yang telah berjalan di Provinsi NTB yaitu Loteng, Lobar, Lotim, Kabupaten Sumbawa dan KabupatenBima sebagai lokasi LTSA Ke – 6, Terang Irianto.

Atas nama pemerintah pusat Irianto menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah kabupaten Bima dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada pekerja migran yang cepat, mudah, transparan, pasti dan terjangkau, Harapnya.

Sedangkan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, S.E, mengatakan Peresmian LTSA-PPPMI merupakan langkah maju dan kemajuan bagi Para pencari kerja, meskipun selama ini banyak hambatan bahkan masalah bagi pencari kerja dengan adanya LTSA kedepan sedikit demi sedikit dapat dihapuskan,ungkapnya.

“Akses pelayanan ini bukan saja bagi Kabupaten Bima, melainkan termasuk Kota Bima dan kabupaten Dompu”,Kata Umi Dinda

Bupati Berharap Lembaga BNP2TKI memberikan dukungan bagi fasilitas Layanan terpadu Satu Atap (LTSA) Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, sehingga nantinya mampu memberikan pelayanan terbaik bagi Calon TKI ataupun TKI Kita dalam mengurus mulai keberangkatan sampai pada kepulangan, tutupnya. (inc)