Incinews.net
Selasa, 12 Februari 2019, 17.27 WIB
Last Updated 2019-02-12T09:27:56Z
JagungKabupaten Dompu

Areal Pertanian Desa Saneo Berpeluang Dijadikan Lokasi Panen Raya Jagung

Plt Kepala Distanbun, Ilham, SP dan Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, H Tajuddin HIR bersama Kapala Desa Saneo dan petani saat meninjau areal pertanian jagung So Sorikada dan So Ndano Nao Desa Saneo untuk dijadikan lokasi panen raya jagung, Selasa (12/02/2019). (Foto : Azwar Dompu)

Dompu, incinews.net - Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) beserta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu saat ini sudah melakukan peninjauan di beberapa lokasi untuk dijadikan tempat pelaksanaan panen raya jagung yang dihelat sekitar pertengahan bulan Maret tahun 2019 ini.

Terkahir, mereka meninjau lokasi jagung yang berada di areal Dam Mila dan areal pertanian jagung So Sorikada dan So Ndano Nao Desa Saneo, Kecamatan Woja, Selasa (12/02/2019).

Plt Kepala Distanbun Kabupaten Dompu, Ilham, SP., menyatakan bahwa sebelumnya ada tiga titik lokasi yang direncanakan untuk dijadikan tempat pelaksaan panen raya jagung tahun 2019 ini. Lokasi itu diantaranya areal pertanian jagung Kecamatan Huu, Dam Mila dan Desa Saneo.

Dijelaskannya, penentuan kelayakan lokasi untuk pelaksanaan panen raya jagung tersebut harus memenuhi empat kriteria. Kriteria itu diantaranya diharuskan jadwal panen dilakukan secara serentak, areal pertanian tidak bermasalah, akses masuk transportasi bagi tamu undangan mudah dijangkau serta amino atau partisipasi masyarakat dalam mensukseskan agenda nasional itu sangat tinggi.

Menurutnya, dari ketiga lokasi yang ditinjau. Areal pertanian jagung So Sorikada dan So Ndano Nao Desa Saneo, Kecamatan Woja berpeluang dijadikan lokasi panen raya jagung dipertengahan bulan Maret ini. Pasalnya, kriteria-kriteria yang ditentukan semuanya terpenuhi. 

"Namun itu semua tergantung keputusan Bupati, kita hanya memberikan telaah berdasarkan hasil survey lokasi. Tetapi kami melihat lokasi pertanian jagung Desa Saneo sudah memenuhi kriteria ini," ucapnya. 

Dihadapan kepala Desa Saneo, ia berharap adanya dukungan dan partisipasi dari petani dan masyarakat setempat agar secara bersama-sama mensukseskan agenda nasional tersebut.

Rencananya, panen raya jagung secara simbolis seluas kurang lebih 20 ribu Ha se Kabupaten Dompu ini akan dihadiri Kementrian Pertanian Badan Ketahanan Pangan RI, Perwakilan Kemenko Perekonomian, Satgas Pangan, Perum BULOG, Gabungan Perusahaan Makanan Ternak serta Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB. (inc)